Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Discovery Learning Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Kelas X

Kinanti, Vivi (2023) Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Discovery Learning Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Kelas X. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI VIVI KINANTI - 1901060029 - Tadris Matematika.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena rendahnya minat belajar peserta didik yang dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah proses pembelajaran yang masih berpusat pada pendidik, sehingga peserta didik kurang aktif, kurangnya bahan ajar yang menarik, serta kurangnya respon peserta didik untuk antusias dalam mengikuti pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk : (1) mengetahui kevalidan modul pembelajaran matematika berbasis discovery learning terintegrasi nilai-nilai keislaman pada materi sistem persamaan linear tiga variabel kelas X; (2) mengetahui respon peserta didik modul pembelajaran matematika berbasis discovery learning terintegrasi nilai-nilai keislaman pada materi sistem persamaan linear tiga variabel kelas X; (3) mengetahui tingkat keefektifan penggunaan modul pembelajaran matematika berbasis discovery learning terintegrasi nilai-nilai keislaman pada materi sistem persamaan linear tiga variabel kelas X.

Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Reseach and Development (R&D) dengan model 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Lokasi penelitian ini di MAN 1 Lampung Timur. Subjek dalam penelitian ini adalah 31 orang peserta didik kelas X.5 di MAN 1 Lampung Timur. Materi yang dikembangkan adalah materi sistem persamaan linear tiga variabel.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk yang dikembangkan berdasarkan validasi ahli materi mendapat persentase sebesar 80% dengan kriteria “valid”, validasi ahli media mendapat persentase 84,73% dengan kriteria “sangat valid”, dan validasi ahli agama islam mendapat persentase sebesar 91,81% dengan kriteria “sangat valid”. Selanjutnya hasil respon peserta didik mendapat persentase 83% dengan kriteria “sangat menarik”, sedangkan untuk tes keefektifan modul diperoleh hasil ketuntasan belajar dengan persentase sebesar 77,41% dengan kriteria “baik”. Berdasarkan hasil tersebut dapat dikatakan bahwa modul pembelajaran matematika berbasis discovery learning terintegrasi nilai-nilai keislaman pada materi sistem persamaan linear tiga variabel kelas X yang dikembangkan sudah valid, menarik, dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci : Discovery Learning, Modul Pembelajaran Matematika, Nila nilai Keislaman.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Matematika
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 14 Jun 2023 06:17
Last Modified: 14 Jun 2023 06:17
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7598

Actions (login required)

View Item View Item