Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Calon Nasabah Memilih Bank Konvensional (Studi Pada Pedagang Kambing Di Pasar Bandar Jaya)

Hakim, Maulana (2018) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Calon Nasabah Memilih Bank Konvensional (Studi Pada Pedagang Kambing Di Pasar Bandar Jaya). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI maulana hakim.pdf - Other

Download (54MB) | Preview

Abstract

Lembaga Keuangan mempunyai peranan penting di dalam perekonomiansuatu Negara yaitu, sebagai lembaga perantara keuangan.Jenis lembaga keuangandi Indonesia dibedakan menjadi dua jenis, yaitu yang dibedakan berdasarkanpembayaran bunga, lembaga keuangan konvensional (LKK) atau bagi hasil,lembaga keuangan syari’ah (LKS). Pertumbuhan lembaga keuangan akandihadapkan pada persaingan antara tingkat bunga perbankan konvensional dengantingkat bagi hasil perbankan syari’ah yang diterima oleh nasabah. Persaingantersebut akan mengarah pada faktor pilihan masyarakat Indonesia dalamberinvestasi atau bertransaksi. Dan pada kenyataanya masyarakat banyak memilihuntuk berinvestasi atau bertransaksi dilembaga keuangan konvensional karenamelihat besarnya tingkat bunga yang ditawarkan. Tujuan dari penelitian ini adalahuntuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi minat calon nasabahdalam mengambil keputusan untuk melakukan kegiatan transaksi pada perbankankonvensional.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, calon nasabahberjumlah 15 orang yang melakukan kegiatan pinjaman pada perbankankonvensional Bandar Jaya.Jenis penelitian ini adalah lapangan.Sumber data yangpenulis gunakan adalah sumber data primer dan sekunder.Teknik pengumpulandata yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara dandokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan cara berfikir induktif denganteknik analisa yang bersifat deskriptif kualitatif.

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa faktor-faktor yangmempengaruhi calon nasabah memilih perbankan konvensional Bandar Jayaadalah faktor eksternal dan internal. Faktor eksternal yang meliputi produk yangberikut jaminan, kualitas dan juga atribut-atribut perbankan kovensional di BandarJaya, harga yang meliputi jangka waktu, dan juga syarat kredit dan juga bungayang menurut para calon nasabah lebih menguntungkan dari pada bagi hasil yangditawarkan oleh perbankan syariah, promosi yang dilakukan beragam untukmenarik minat nasabah, pelayanan yang baik mempengaruhi loyalitas nasabahterhadap perbankan konvensional Bandar Jaya, dan tempat yang strategis sertamudah dijangkau, sedangkan faktor internal meliputi psikologis (motivasi,persepsi, sikap, dan keyakinan) yang timbul dari dalam diri untuk bekerja samadengan pihak perbankan, dan pribadi yaitu untuk memenuhi kebutuhan yang66
diinginkan oleh nasabah. Hal ini yang mempengaruhi calon nasabah dalammemilih untuk melakukan kegiatan transaksi berupa pinjaman pada PerbankanKonvensional Bandar Jaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 13 Jan 2020 03:20
Last Modified: 13 Jan 2020 03:20
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/760

Actions (login required)

View Item View Item