Rahayu, Intan Febri (2023) Strategi Persaingan Usaha Rumah Makan Di Kawasan Tejo Agung Metro Timur Dalam Perspektif Marketing Syariah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI INTAN FEBRI RAHAYU - 1804040050 - ESY.pdf - Other Download (3MB) |
Abstract
Strategi persaingan merupakan suatu kegiatan yang dilakukan setiap pelaku usaha agar dapat mempertahankan usaha yang dimiliki di era banyak usaha serupa yang didirikan. Banyaknya usaha yang rumah makan yang berdiri dalam satu kawasan, seperti di Tejo Agung Metro Timur mengakibatkan persaing untuk dapat menarik minat beli konsumen, serta dapat unggul dibandingkan usaha lainnya. Untuk meraih keunggulan diantara para pesaing, perusahaan harus menghasilkan barang dan jasa secara efisien serta harus mampu menjualnya dengan harga yang dapat mendatangkan cukup laba.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Strategi Persaingan Usaha Rumah Makan Di Kawasan Tejo Agung Metro Timur Dalam Perspektif Marketing Syariah. Jenis penelitian ini adalah lapangan (field Research) dan penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dilakukan dengan dua jenis yaitu sumber data primer dan sekunder dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian datan dan penarikan kesimpulan, dengan teknik purposive sampling.
Temuan pada penelitian ini adalah bahwa strategi persaingan yang dilakukan menggunakan strategi bauran pemasaran atau marketing mix dimana strategi persaingan dilakukan secara sehat dengan mengutamakan kualitas serta pelayanan yang diberikan terhadap konsumen, dengan mengunggulkan produk, harga, promosi, tempat, dan meningkatkan kualitas orang yang terlibat dalam kegiatan usaha tersebut agar sesuai dengan proses yang ada serta sesuai dengan bukti fisik yang ada. Dalam kaitannya dengan Marketing Syariah semua usaha rumah makan di Kawasan Tejo Agung Metro Timur sudah menerapkan marketing syariah dalam memasarkan produknya, yang mengacu pada karakteristik marketing syariah seperti Ketuhanan (Rabbaniyah), Etis (Akhlaqiah), Realistis (Al-Waqiiyyah), dan Humanistis (Al-Insaniyah).
Kata Kunci: Strategi, Persaingan Usaha, Marketing Syariah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 13 Jun 2023 09:58 |
Last Modified: | 13 Jun 2023 09:58 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7601 |
Actions (login required)
View Item |