Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Pemasaran Home Industry Kopi Kita Dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen Di Purbolinggo Lampung Timur

Afiani, Lufti (2023) Strategi Pemasaran Home Industry Kopi Kita Dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen Di Purbolinggo Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI LUFTI AFIANI - 1804041096 - ESY.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Home industry kopi kita merupakan usaha industri rumahan yang memproduksi kopi bubuk berjenis robusta, dengan menciptakan dua jenis kopi murni dan campuran yang diberi nama kopi kita jagung dan kopi kita gold. Saat ini banyak usaha home industry serupa yang memproduksi olahan kopi bubuk, hal ini menimbulkan adanya persaingan yang mengakibatkan home industry kopi kita harus mengatur strategi pemasaran agar produk yang diproduksi dapat diterima oleh konsumen.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran home industry kopi kita dalam meningkatkan minat beli konsumen. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) yang memiliki sifat deskriptif kualitatif, dengan sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder dan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dan dokumentasi. Dalam pengambilan sampel wawancara peneliti memilih menggunakan teknik semi terstruktur (semi structure) dimana sempel diperoleh lebih bebas namun dalam ruang lingkup wawancara, yang dilakukan terhadap pemilik home industry kopi kita, serta para karyawan dan konsumen kopi kita, dengan menggunakan teknik purposive sampling.

Berdasarkan hasil pada penelitian ini, strategi yang digunakan home industry kopi kita untuk menarik minat beli konsumen masih menggunakan metode manual yaitu dengan cara turun langsung ke lapangan (direct selling), dari mulut ke mulut (word of mouth), dan menjelaskan secara langsung (personal selling) kepada para konsumen. Walaupun menggunakan metode manual bukan media digital, tetapi home industry kopi kita berhasil menarik minat beli konsumen untuk membeli produk kopi kita, dibuktikan dari jangkauan pemasaran home industry kopi kita yang sudah mencapai dua kabupaten yang ada di daerah Lampung, selain itu respon masyarakat terhadap produk yang diproduksi oleh kopi kita semuanya positif banyak dari konsumen yang suka dan tetap loyal terhadap kopi kita.

Kata kunci: Strategi Pemasaran, Home Industry, Bauran Pemasaran (Marketing Mix)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 13 Jun 2023 09:58
Last Modified: 13 Jun 2023 09:58
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7602

Actions (login required)

View Item View Item