Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Pemasaran Produk Tabungan Haji Dalam Menarik Minat Nasabah Di Bank Aman Syariah Sekampung

Nita, Veni Alvia (2023) Strategi Pemasaran Produk Tabungan Haji Dalam Menarik Minat Nasabah Di Bank Aman Syariah Sekampung. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Veni Alvia Nita - 1903021069 - PBS.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Strategi pemasaran merupakan rencana yang ditetapkan perusahaan dibidang pemasaran yang memberikan panduan tentang kegiatan yang akan dijalankan. Strategi pemasaran menjadi upaya yang dilakukan perusahaan dalam memasarkan produknya dengan menggunakan pola rencana serta taktik yang tepat sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai. Dalam penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa strategi pemasaran yang diterapkan Bank Aman Syariah Sekampung dalam menarik minat nasabah pada produk tabungan haji yaitu menggunakan 7P yang terdapat dalam komponen bauran pemasaran.

Tujuan penelitian ini untuk menganalisa strategi pemasaran yang diterapkan oleh Bank Aman Syariah Sekampung pada produk tabungan haji dalam menarik minat nasabah. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan (field reseacrh) yang bersifat desriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Untuk pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melalui analisis data kualitatif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan strategi pemasaran 7p yang telah diterapkan Bank Aman Syariah Sekampung terdapat strategi yang efektif dalam menarik minat nasabah yaitu strategi produk, harga, tempat, orang dan proses. Sedangkan strategi yang kurang efektif dalam menarik minat nasabah terhadap produk tabungan haji yaitu strategi promosi dan bukti fisik. Pada strategi promosi belum optimalnya promosi yang dilakukan Bank Aman Syariah Sekampung yaitu untuk media promosi tidak tersedianya brosur khusus tabungan haji serta kurang aktifnya promosi yang dilakukan melalui media sosial seperti instagram dan facebook. Untuk strategi bukti fisik kurang efektif karena dari 5 tahun terakhir belum adanya nasabah yang menunaikan ibadah haji menggunakan produk tabungan haji Bank Aman Syariah hal ini membuat masyarakat kurang percaya karena belum ada bukti mengingat bukti fisik menunjukkan bagaimana kualitas dari suatu produk.

Kata Kunci: Minat Nasabah, Strategi Pemasaran, Tabungan Haji

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 13 Jun 2023 09:59
Last Modified: 13 Jun 2023 09:59
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7604

Actions (login required)

View Item View Item