Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Studi Komparasi Minat Belajar Matematika Antara Pembelajaran Daring Pada Saat Pandemi Covid-19 Dengan Luring Pada Saat Era Normal Di SDN 10 Metro Timur

Adinda, Nada (2023) Studi Komparasi Minat Belajar Matematika Antara Pembelajaran Daring Pada Saat Pandemi Covid-19 Dengan Luring Pada Saat Era Normal Di SDN 10 Metro Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI NADA ADINDA - 1901030028 - PGMI.pdf - Other

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peralihan proses pembelajaran daring ke pembelajaran luring yang menimbulkan perbedaan minat belajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Minat belajar matematika siswa dalam proses pembelajaran daring kelas V SDN 10 Metro Timur, 2) Minat belajar matematika siswa dalam proses pembelajaran luring kelas V SDN 10 Metro Timur, 3) Perbedaan minat belajar matematika siswa dalam proses pembelajaran daring dan luring kelas V SDN 10 Metro Timur. Jenis penelitian ini adalah studi komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V SDN 10 Metro Timur yang berjumlah 48 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis penelitian ini menggunakan analisis perbandingan rata-rata sederhana dengan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan hipotesis komparatif menggunakan uji wilxocon matched pairs.

Berdasarkan hasil penelitian tentang minat belajar matematika dalam pembelajaran daring saat pandemi covid-19 dan pembelajaran luring saat era normal di SDN 10 Metro Timur maka dapat disimpulkan bahwa: 1) Sebagian besar siswa berminat belajar matematika pada pembelajaran daring saat pandemi covid-19 dengan kategori sedang dan memperoleh nilai rata-rata sebesar 51,2, 2) Sebagian besar siswa juga berminat belajar matematika pada pembelajaran luring saat era normal dengan kategori sedang, namun perolehan nilai rata-rata lebih tinggi yakni 57,5, 3) Perbedaan minat belajar matematika pada proses pembelajaran daring dan pembelajaran luring terlihat pada setiap indikatornya. Diperoleh perbedaan yang menonjol terdapat pada indikator perasaan senang dengan hasil persentase saat daring adalah 57,36% sedangkan saat luring 72,40%.

Kata kunci: minat belajar matematika, pembelajaran daring dan pembelajaran luring

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 13 Jun 2023 09:57
Last Modified: 13 Jun 2023 09:57
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7612

Actions (login required)

View Item View Item