Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Pemasaran Dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan (Study Kasus Rumah Makan Lesehan Sunda Kecamatan Sukadana Kabupaten Lampung Timur)

Pusparani, Irma Dwi (2023) Strategi Pemasaran Dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan (Study Kasus Rumah Makan Lesehan Sunda Kecamatan Sukadana Kabupaten Lampung Timur). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI IRMA DWI PUSPARANI - 1903010035 - ESY.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Penerapan strategi pemasaran dalam perusahaan sangat berpengaruh dalam kinerja perusahaan yang bersangkutan. Berhasil atau tidaknya perusahaan sangat ditentukan bagaimana cara yang dikembangkan oleh perusahaan untuk dapat bersaing merebut konsumen dalam penerapan strategi pemasaran yang efektif. Terdapat 3 Rumah Makan Sunda di Desa Sukadana dengan masakan yang sama namun rumah Makan Lesehan sunda yang ramai pengunjungnya walaupun pelayanan yang diberikan kurang ramah dan promosi yang dilakukan hanya dari mulut kemulut saja tidak menggunakan media sosial.

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), yang bersifat kualitatif. Penelitian ini dibertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran dalam mempertahankan loyalitas pelanggan. Sumber data primer dalam penelitian ini pemilik usaha, 4 karyawan dan 6 konsumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi.

Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa Rumah Makan Lesehan Sunda dalam mempertahankan loyalitas pelanggan dengan cara memberikan variasi produk dengan kualitas rasa produk yang enak sehingga membuat pelanggan loyal, harga produk yang ada pada Rumah Makan Lesehan Sunda termasuk harga yang standar tergantung jenis produknya, dan ada juga pemberian discount untuk pelanggan tetap yang melakukan pembeliaan dalam skala banyak, Selain itu Rumah Makan Lesehan Sunda memiliki tempat yang strategis dan nyaman. Namun Rumah Makan Lesehan Sunda tidak pernah melakukan promosi pesan iklan hanya dari mulut kemulut saja.

Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Loyalitas Pelanggan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 13 Jun 2023 00:31
Last Modified: 13 Jun 2023 00:31
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7623

Actions (login required)

View Item View Item