Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Mata Pelajaran IPA Di MI Nurul Ulum Kauman Kotagajah

Suroya, Zulfatus (2023) Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Mata Pelajaran IPA Di MI Nurul Ulum Kauman Kotagajah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Zulfatus Suroya - 1901031069 - PGMI.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Proses belajar mengajar di sekolah merupakan kegiatan yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan, dimana proses belajar mengajar diharapkan dapat mencapai tujuan pendidikan nasional dan dapat meningkat sumber daya manusia yang berkualitas. Namun kenyataannya diketahui bahwa masih banyak siswa di MI Nurul Ulum Kauman Kotagajah yang kurang minat belajar dan hilang konsentrasi dalam mengikuti pembelajaran, proses pembelajaran cenderung hanya mendengarkan apa yang guru sampaikan, keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran sangat jarang, Pada saat guru memberikan tugas kepada siswa, siswa kurang bersemangat untuk mengerjakannya dan siswa kurang berani untuk mengemukakan pendapat dan pertanyaannya. Kondisi ini membuat pembelajaran menjadi monoton dan membosankan bagi siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti melakukan demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ulum Kauman Kotagajah, dengan jumlah siswa sebanyak 20 siswa pada tema 7 indahnya keberagaman negriku.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), peneliti berperan sebagai pengamat dan mitra kolaboratif yaitu guru kelas IV sebagai pengajar. Pembelajaran berlangsung selama 2 siklus sebanyak 6 sesi. Model pengumpulan data menggunakan tes tertulis, lembar observasi untuk mengamati aktivitas siswa dan guru di kelas, dan dokumentasi untuk mengetahui profil dan kondisi sekolah.

Penelitian dengan metode demonstrasi menemukan bahwa tingkat hasil belajar siswa siklus I adalah 80%, sedangkan tingkat hasil belajar siswa siklus II adalah 85%. Hal ini menunjukkan bahwa persentase hasil belajar siswa pada Siklus I sampai II Tingkat keberhasilan keseluruhan mencapai 10%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ulum Kauman Kotagajah tahun ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 13 Jun 2023 00:31
Last Modified: 13 Jun 2023 00:31
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7624

Actions (login required)

View Item View Item