Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Self Efficacy Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa MTs Darul Hidayah

Sari, Nur Mala (2023) Pengaruh Self Efficacy Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa MTs Darul Hidayah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI NUR MALA SARI - 1901070014 - Tadris IPS.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Hasil belajar dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Salah satu faktor internal yang mempengaruhi hasil belajar IPS siswa adalah self efficacy. Self efficacy adalah keyakinan diri seseorang terhadap kemampuan yang dimilikinya. Pentingnya self efficacy tidak selalu dirasakan dan dianggap penting oleh siswa, adanya anggapan dari siswa bahwa siswa yang pandai saja yang akan mendapatkan nilai bagus. Padahal nilai bagus atau hasil belajar yang bagus tidak hanya dipengaruhi oleh tingkat kepandaian, tetapi banyak faktor lain yang dapat menghambat hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self efficacy terhadap hasil belajar IPS siswa MTs Darul Hidayah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode expost facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII MTs Darul Hidayah yang berjumlah 50 siswa dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, kemudian data diolah dengan teknik analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh antara variabel X (Self Efficacy) terhadap variabel Y (Hasil Belajar IPS) siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil analisis data regresi linier sederhana dengan hasil nilai signifikansi sebesar 0,00 yaitu < 0,05. Sehingga hipotesis dinyatakan terdapat pengaruh self efficacy terhadap hasil belajar IPS siswa MTs Darul Hidayah. Adapun hasil penelitian yang dilakukan diperoleh hasil data tingkat self efficacy siswa dengan kategori tinggi sebesar 31%, sedang 11%, dan kategori rendah dengan persentase 38%. Tingkat hasil belajar IPS siswa berkategori dengan persentase 42%, sedang dengan persentase sebesar 8%, dan kategori rendah dengan persentase 50% dan pengaruh self efficacy terhadap hasil belajar IPS siswa MTs Darul Hidayah sebesar 32,4% sedangkan 67,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata Kunci : Self Efficacy, Hasil Belajar IPS

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 13 Jun 2023 00:31
Last Modified: 13 Jun 2023 00:31
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7626

Actions (login required)

View Item View Item