Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Dan Fungsi Media Online Dalam Meningkatkan Kualitas Pemasaran Pada Usaha Tanaman Hias Analisis Marketing Syariah (Studi Kebun Berkah Jaya Hortikultura Jl. Mulia Indah 15a Kota Metro)

Rohman, Muhammad Taufiqur (2023) Peran Dan Fungsi Media Online Dalam Meningkatkan Kualitas Pemasaran Pada Usaha Tanaman Hias Analisis Marketing Syariah (Studi Kebun Berkah Jaya Hortikultura Jl. Mulia Indah 15a Kota Metro). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Muhammad Taufiqur Rohman - 1903012035 - ESY.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Pemasaran digital tidak lagi menjadi penghalang bagi pemasar untuk memasarkan barang dan jasanya melalui konektivitas internet. Pemanfaatan media online sebagai media pemasaran dalam usaha tanaman hias Kebun Berkah Jaya Hortikultura sangat berpengaruh dalam proses pengembangan bisnis dan juga memiliki peran yang sangat besar untuk memperluas jangkauan pemasaran produk. Namun dalam pemasaran online yang dilakukan masih ada resiko yang dialami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dan fungsi media online dalam meningkatkan pemasaran tanaman hias pada kebun Berkah Jaya Hortikultura ditinjau dari prinsip marketing syariah. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian field research (penelitian lapangan), dimana peneliti menuju langsung kelapangan untuk mengkaji keadaan fenomena yang terjadi di tempat penelitian. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan juga dokumentasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa praktik pemasaran yang dilakukan oleh Kebun Berkah Jaya Hortikultura diantaranya, promosi Kebun Berkah Jaya Hortikultura menggunakan fitur iklan dan live streaming yang juga untuk media silaturahmi. Tahapan pemesanan yang dilakukan antara pembeli dan penjual terdapat majelis akad yang berupa akun penjualan online, terdapat akad bai' al-hal, akad ijarah dan akad wakalah bi al-ujrah. Proses pengemasan dengan menjamin mutu tanaman hias sebelum dikirim merupakan salah satu cara untuk mencegah kerugian konsumen. Pengiriman tanaman hias yang bekerjasama dengan penyedia ekspedisi pengiriman barang terdapat akad ijarah. Pelayanan dengan memberikan kolom tanya jawab di akun penjualan dan menanggapi komplain yang masuk dengan sangat teliti serta pemberian hak khiyar pada layanan garansi.

Kata kunci: Media Online, Pemasaran, Tanaman Hias

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 13 Jun 2023 00:31
Last Modified: 13 Jun 2023 00:31
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7628

Actions (login required)

View Item View Item