Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Minat Nasabah Dalam Penggunaan Internet Banking Pada Bank Muamalat KCP Metro

Kusuma, Devi Anggraini (2023) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Minat Nasabah Dalam Penggunaan Internet Banking Pada Bank Muamalat KCP Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Devi Anggraini Kusuma - 1903022002 - PBS.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Salah satu perkembangan yang sangat pesat saat ini yaitu perkembangan di bidang teknologi informasi, yang diterapkan didalam dunia perbankan antara lain intenet banking. Internet Banking kini bukan lagi istilah yang asing bagi masyarakat Indonesia, hal tersebut disebabkan oleh banyaknya bank nasional yang menggunakan Internet Banking, intenet atau yang disebut dengan Cyberspaace, sesungguhnya dapat diartikan sebagai ruang dimana entitas elektronik (netters) berinteraksi. Dengan adanya internet banking akan memberikan keuntungan bagi beberpa pihak, baik kepada nasabah maupun pihak nasabah maupun pihak perbankan itu sendiri. Salah satu keuntungan bagi nasabah yaitu dapat memberikan kemudahan dlam melakukan transaksi perbankan serta menghemat waktu dan biaya. Akan tetapi tidak semua masyarkatmenggunakan layanan terssebut oleh karena itu, peneliti bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya minat nasabah dalam penggunaan internet banking.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya minat nasabah dalam penggunaan internet banking pada bank muamalat kcp metro. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) yang bersikap deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan dokumentas. Wawancara dilakukan kepada nasabah bank Muamalat Kcp metro, kemudian semua data tersebut di analisis secara induktif.

Hasil dari penelitian ini adalah faktor yang mempengaruhi rendahnya minat nasabah yang menggunaan internet banking di bank muamalat Kcp metro yang dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal, dimana internal meliputi sikap, persepsi,tingkat kepercayaan, pengalaman, pengetahuan, dan faktor eksternal yaitu promosi dan sosialisasi, saranan atau fasilitas, lokasi.

Kata Kunci: Internet Banking dan Transaksi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 13 Jun 2023 00:30
Last Modified: 13 Jun 2023 00:30
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7663

Actions (login required)

View Item View Item