Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Penggunaan Video Animasi Sebagai Sumber Belajar Terhadap Pemahaman Konsep Materi Plantae Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Metro

Fransiska, Winda (2023) Pengaruh Penggunaan Video Animasi Sebagai Sumber Belajar Terhadap Pemahaman Konsep Materi Plantae Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI WINDA FRANSISKA - 1901082011 - TADRIS BIOLOGI.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pra-survey yang menunjukan kemampuan siswa dalam memahami materi plantae tergolong dalam kriteria di bawah KKM. Berdasarkan latar belakang tersebut, penting adanya suatu upaya untuk membantu siswa memahami materi plantae melalui video animasi di SMA Negeri 5 Metro. Adapun tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar penggaruh penggunaan video animasi terhadap pemahaman konsep materi plantae pada siswa SMA Negeri 5 Metro dan untuk mengetahui pelaksaanaan pembelajaran materi plantae dengan menggunakan video animasi.

Metode penelitian ini adalah penelitin kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimental). Dalam penelitian ini, sample penelitian adalah siswa kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X IPA 3 sebagai kelas kontrol di SMA Negeri 5 Metro. Adapun Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan menggunakan tes dan non tes. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dengan menggunakan soal sebanyak 10 soal esay.

Hasil penelitian ini membuktikan adanya pengaruh penggunaan video animasi sebagai sumber belajar terhadap pemahaman konsep materi plantae siswa kelas X SMA Negeri 5 Metro. Nilai t hitung sebesar 4,484 sedangkan t tabel pada taraf signifikan 5% yaitu sebesar 1,66660. Hal itu berarti bahwa t hitung > t tabel dikarnakan 4,484 > 1,66660. Selain itu nilai sig.(2-tailed) yang diperoleh dari independent sampel t test adalah sebesar 0,000. Hal itu menunjukan bahwa nilai signifikansi < 0,05. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara variabel (X) dan variabel (Y) yaitu pengaruh penggunaan video animasi sebagai sumber belajar terhadap pemahaman konsep materi plantae siswa kelas X SMA Negeri 5 Metro. Selain itu, pelaksanaan pembelajaran materi plantae dengan menggunakan video animasi sangat mendukung tercapainya tujuan pembelajaran pada materi plantae dikarnakan video animasi merupakan sumber belajar yang berisi materi plantae yang lengkap dan terstruktur disertai dengan efek gambar, warna, dan gerak. Peneliti juga memberikan penjelasan tambahan terhadap sajian video animasi dan menggembangkannya dengan diskusi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Biologi
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 13 Jun 2023 00:30
Last Modified: 13 Jun 2023 00:30
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7664

Actions (login required)

View Item View Item