Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Evaluasi Pelaksanaan Proses Pembelajaran Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Di Madrasah Tsanawiyah At-Taqwa Pesawaran

Febrianti, Anggun (2023) Evaluasi Pelaksanaan Proses Pembelajaran Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Di Madrasah Tsanawiyah At-Taqwa Pesawaran. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Anggun Febrianti - 1901010007 - PAI.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Proses pembelajaran merupakan proses interaksi antara guru dengan siswa dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Tujuan dan proses pembelajaran dalam mengembangkan ilmu pengetahuan berlangsung sebagaimana adanya. Selain itu, evaluasi juga bertujuan untuk menentukan level peserta didik pencapaian dalam suatu proses pembelajaran, serta untuk memahami siswa sejauh mana dimana mereka dapat memberikan bantuan kekurangan siswa, dengan bertujuan menempatkan siswa pada situasi belajar yang lebih sesuai dengan dirinya tingkat kemampuan dan kelemahan siswa dalam bidang studi tertentu Pertanyaan dalam penelitian ini yakni bagaimana pelaksanaan proses pembelajaran dan pelaksanaan evaluasi hasil belajar pada mata pelajaran fiqih di MTs At-Taqwa Pesawaran? Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan proses pembelajaran dan pelaksanaan evaluasi hasil belajar pada mata pelajaran fiqih di MTs At-Taqwa Pesawaran. Manfaat penelitian ini adalah memberikan pemahaman dan kontribusi yang positif terhadap semua pendidik agar dapat menerapkan pengevaluasian proses pembelajaran supaya mengetahui hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian adalah guru fiqih kelas VIII, dua orang peserta didik kelas VIII. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik penjamin keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, serta analisis data yang digunakan adalah analisis data dengan metode miles and huberman. Semua temuan tersebut dianalisis sehingga akan tergambar ataupun terdeskripsi dan selanjutnya diambil kesimpulan secara induktif. Berdasarkan analisis temuan dan pembahasan dapat diketahui bahwa gambaran evaluasi proses pelaksanaan pembelajaran yakni: proses pembelajaran guru fiqih di MTs At-Taqwa, guru fiqih melakukan tiga tahap yaitu: (1) tahap pra intruksional (2) tahap intruksional (3) tahap evaluasi dan tidak lanjut. Sedangkan evaluasi hasil belajar ialah menggunakan tes lisan dan tes tertulis. Guru juga mampu melakukan proses pembelajaran dengan baik walaupun terkendala oleh berbagai masalah yakni masalah sarana dan prasarana dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci: Evaluasi, Proses Pembelajaran dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 13 Jun 2023 00:28
Last Modified: 13 Jun 2023 00:28
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7670

Actions (login required)

View Item View Item