Ningsih, Septi Budiati (2023) Strategi Guru PAI Dalam Penerapan Pendidikan Karakter Toleransi Siswa Kelas X SMK ACI (Aku Cinta Indonesia) Tejoagung, Kec. Metro Timur, Kota Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI SEPTI BUDIATI NINGSIH -1901011148 - PAI.pdf - Other Download (6MB) |
Abstract
Satuan pendidikan memiliki tanggung jawab yang besar terhadap kemampuan untuk melahirkan siswa yang educated (terdidik) dan civilized (beradab). Siswa tidak hanya memiliki kompetensi intelektual yang tinggi, akan tetapi ia pun harus memiliki kompetensi keagamaan dan sosial.
Guru PAI berperan sebagai tokoh dalam membimbing serta memberi keteladanan dan harus menyiapkan strategi yang pas sehingga nantinya dapat membangun siswa yang bermoral dan menciptakan pertemuan kelas yang memiliki nilai-nilai saling menghargai dalam lingkungan kelas. Guru PAI memiliki peranan yang sangat penting dalam pembinaan, mengarahkan, serta memberikan motivasi tentang toleransi dalam diri siswa. Apabila dalam diri siswa memiliki rasa maupun tertanam nilai toleransi antar umat beragama maka mereka tidak akan menyimpang kepada sikap anarkis serta dalam lingkungan sekolahan nantinya akan tercipta rasa kerukunan antar warga sekolah dan antar umat beragama.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Guru PAI dalam Penerapan Pendidikan Karakter Toleransi Siswa Kelas X SMK ACI (Aku Cinta Indonesia) Tejoagung, Kec. Metro Timur, Kota Metro. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif Deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber datanya yaitu Guru PAI dan Siswa sebagai sumber data primer serta data dari dokumentasi dan wawancara dengan Kepala sekolah maupun Wali Kelas sebagai sumber data sekunder.
Adapun dalam penerapan pendidikan karakter toleransi guru dapat menerapkan strategi seperti: Moral Knowing, pengetahuan tentang moral, Moral Feeling, perasaan tentang moral, Moral Action, perbuatan/tindakan moral. Tak hanya itu strategi keteladanan atau contoh dapat juga dilakukan oleh pendidik dalam sekolahan yang kemudian dapat dijadikan sebagai bentuk contoh bagi setiap siswa.
Berdasarkan hasil temuan dan pembahasan dapat bahwa: strategi guru PAI sudah cukup baik dalam penerapan pendidikan karakter toleransi siswa guru PAI selalu memberikan pemahaman, pengetahuan, keteladanan, serta perbuatan maupun tindakan kepada siswa agar menumbuhkan jiwa toleransi yang baik antar sesama umat manusia. Kemudian hasil dari strategi tersebut yaitu dapat dilihat dari tumbuhnya rasa kasih sayang, saling menghomati dan menghargai, serta menjunjung tingga perbedaan.
Kata Kunci: Strategi Guru PAI, Toleransi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 10 Jun 2023 03:06 |
Last Modified: | 10 Jun 2023 03:06 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7675 |
Actions (login required)
View Item |