Sholehah, Mar`atus (2023) Analisis Strategi Pemasaran Melalui Media Digital Dilihat Dari Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Di Usaha Tapis Lampung Ethnica Desa Sumbergede Kec. Sekampung, Lampung Timur). Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI Mar`atus Sholehah -1903012027 - ESy.pdf - Other Download (7MB) |
Abstract
Strategi pemasaran pada dasarnya adalah rencana yang menyeluruh, terpadu dan menyatu dibidang pemasaran yang memberikan panduan tentang kegiatan yang akan dijalankan untuk dapat tercapainya tujuan pemasaran pada suatu perusahaan. Menggunakan media digital pada saat ini bukanlah suatu perkara yang sulit untuk semua orang bahkan mereka dapat menggunakan media digital untuk memudahkan kegiatan sehari-hari. Salah satu usaha yang memanfaatkan media digital untuk memasarkan produknya yaitu usaha tapis Lampung Ethnica yang berada di Desa Sumbergede Kecamatan Sekampung Kabupaten Lampung Timur. Namun dalam memasarkan produknya dimedia sosial seperti instagram, Lampung Ethnica kerapkali tidak mencantumkan secara detail mengenai harga dan kualifikasi barang yang dijual. Selain itu ada beberapa konsumen yang menjelaskan ketidakpuasan terhadap produk yang dibeli yang terlihat pada akun marketplace shopee dan lazada Lampung Ethnica.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi strategi pemasaran usaha tapis Lampung Ethnica melalui media digital dan analisis strategi pemasaran usaha tapis Lampung Ethnica melalui media digital dilihat dari perspektif etika bisnis Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan sifat penelitiannya bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Tehnik penjamin keabsahan data menggunakan triangulasi tehnik. Serta analisis data yang digunakan teknis induktif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi pemasaran usaha tapis Lampung Ethnica dengn konsep bauran pemasaran 7P yang sudah diterapkan adalah dari segi price, place, physical evidence, dan process. Sedangkan dari segi product, promotion, dan people belum sepenuhnya diterapkan. Untuk penerapan etika bisnis Islam terkusus pada prinsip-prinsip etika bisnis Islam, usaha tapis Lampung Ethnica belum sepenuhnya menerapkan pada usahanya. Berdasarkan 5 prinsip-prinsip etika bisnis Islam dua diantaranya sudah diterapkan yaitu kesatuan dan kehendak bebas. Namun untuk keseimbangan, tanggungjawab dan kebenaran (kebajikan dan kejujuran) belum sepenuhnya diterapkan oleh usaha tapis Lampung Ethnica.
Kata Kunci : Pemasaran, Tapis Lampung, Media Digital, Etika Bisnis Islam
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 10 Jun 2023 03:06 |
Last Modified: | 10 Jun 2023 03:06 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7676 |
Actions (login required)
View Item |