Rahmawati, Dwi Fitriana (2023) Penerapan Model Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Di MI Miftahul Huda Punggur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI DWI FITRIANA RAHMAWATI - 1901030013 - PGMI.pdf - Other Download (8MB) |
Abstract
Model kooperatif tipe snowball throwing merupakan salah satu model pembelajaran yang cocok diterapkan dalam pembelajaran aqidah akhlak pada materi “Kalimat Tayibah Salam”. Yang menjadi hambatan dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas IV di MI Miftahul Huda Punggur disebabkan karena metode dan model pembelajaran yang berulang-ulang dan bersifat monoton dapat membuat siswa merasa bosan selama proses pembelajaran, yang dapat melemahkan motivasi, minat belajar, dan hasil belajar siswa yang jauh dari harapan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak khususnya kelas IV di MI Miftahul Huda Punggur dengan menggunakan model pembelajaran snowball throwing.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang di dalamnya terdapat dua siklus dan masing-masing siklus dilakukan 3 kali pertemuan. Setiap siklus memiliki beberapa tahapan diantaranya, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi yang dilaksanakan di kelas IV MI Miftahul Huda Punggur. Objek dan subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV MI Miftahul Huda Punggur dengan jumlah 26 siswa yang terdiri atas 16 laki-laki dan 10 perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes hasil belajar, lembar observasi dan dokumentasi. Metode analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan rumus persentase rata-rata.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas IV MI Miftahul Huda Punggur Tahun Pelajaran 2022/2023, hasil belajar siswa meningkat sebesar 24% dari 61% pada siklus I dan mengalami peningkatan sebesar 85% pada siklus II. Meningkatnya hasil belajar siswa dapat dilihat dari persentase rata-rata aktivitas siswa dalam proses pembelajaran pada siklus I sebesar 61,4% dan meningkat pada siklus II sebesar 82,6% sehingga mengalami peningkatan sebesar 21,26%.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Penerapan Kooperatif Tipe Snowball Throwing
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 10 Jun 2023 03:01 |
Last Modified: | 10 Jun 2023 03:01 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7686 |
Actions (login required)
View Item |