Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi Model Pembelajaran POE (Predict -Observe-Explain) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V MIN 1 Metro Pusat

Oktaviana, Eva (2023) Implementasi Model Pembelajaran POE (Predict -Observe-Explain) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V MIN 1 Metro Pusat. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI EVA OKTAVIANA - 1901030016 - PGMI.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi di MIN 1 Metro Pusat, yaitu rendahnya hasil belajar yang diperoleh peserta didik masih jauh dari KKM yang ditetapkan yaitu Berdasarkan observasi juga diketahui bahwa salah satu penyebab rendahnya hasil belajar IPA adalah peserta didik kurang memperhatikan penjelasan guru saat proses pembelajaran serta kurang bervariasinya guru dalam menggunakan model pembelajaran di kelas.

Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) pada mata pelajaran IPA kelas V MIN 1 Metro Pusat. Penelitian ini termasuk dalam jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Satu siklus terdiri dari empat tahap kegiatan, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V C MIN 1 Metro Pusat pada mata pelajaran IPA tahun pelajaran 2022/2023 dengan jumlah 28 peserta didik yang terdiri dari 14 siswa laki laki dan 14 siswi perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik yang mencapai KKM pada mata pelajaran IPA tema 6 subtema 1 pada siklus I adalah 64% dan pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 15% menjadi 79%. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar peserta didik ditandai dengan tercapainya Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dengan rata-rata ketuntasan mencapai lebih dari 75%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA MIN 1 Metro Pusat.

Kata kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Hasil Belajar dan Model Pembelajaran POE

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 10 Jun 2023 03:00
Last Modified: 10 Jun 2023 03:00
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7687

Actions (login required)

View Item View Item