Nurviana, Eva (2023) Penerapan Strategi Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mata Pelajaran SKI Di MI Miftahul Huda Punggur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI EVA NURVIANA - 1901030015 - PGMI.pdf - Other Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan dari hasil penelitian pra survey yang didapat yaitu kurangnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran menyebabkan rendahnya pemahaman konsep siswa dalam mata pelajaran SKI.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa di MI Miftahul Huda Punggur pada mata pelajaran SKI. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara guru dan peneliti. Dimana guru sebagai pelaksanaan dan peneliti sebagai observer. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan tiap siklusnya terdiri dari tiga kali pertemuan yang terdapat empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 yang berjumlah 25 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu Data tes hasil pemahaman dari proses belajar siswa sebelum dan sesudah menerapkan strategi pembelajaran Make a Match dianalisis dengan cara membandingkan skor tes awal (Pretest) dan tes akhir (Posttest).
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas V Al-Musawwir pada mata pelajaran SKI khususnya pada materi Wafatnya Rasulullah Saw di MI Miftahul Huda Punggur Tahun Pembelajaran 2022/2023, hal ini dapat diketahui bahwa pemahaman konsep siswa mengalami peningkatan pada siklus I sampai siklus II, dengan nilai rata-rata tes pemahaman siswa pada akhir siklus I sebesar 58,4 serta pada akhir siklus II sebesar 78,4 dengan presentase peningkatan sebesar 20%, dan presentase tingkat ketuntasan pemahaman siswa siklus I sebesar 24% dan pada siklus II yaitu sebesar 88%”. Dari hasil pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan pemahaman konsep pada mata pelajaran SKI siswa kelas V MI Miftahul Huda Punggur Tahun Pelajaran 2022/2023.
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Make a Match, Pemahaman Konsep.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 10 Jun 2023 03:01 |
Last Modified: | 10 Jun 2023 03:01 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7688 |
Actions (login required)
View Item |