Suhadi, . (2022) Strategi Pembinaan Akhlak dalam Meningkatkan Sikap Sosial Siswa di SMKN 01 Bumi Agung Way Kanan. Masters thesis, IAIN Metro.
PDF
TESIS SUHADI -18001764 - PAI.pdf - Other Download (2MB) |
Abstract
Perilaku sosial dikatakan bisa mempengaruhi akhlak karena dengan perilaku sosial yang dimiliki siswa jika itu buruk bisa membuat akhlak yang buruk dan jika itu baik juga bisa membuat akhlak menjadi baik. Pada dasarnya perilaku sosial mengandung arti perilaku yang secara khusus dilakukan oleh siswa kepada orang lain baik keluarga teman sebaya maupun guru dan masyarakat. Dengan kata lain perilaku sosial bertujuan untuk ditujukan kepada orang lain secara langsung. Baik buruknya perilaku sosial siswa bisa juga terpengaruh oleh akhlak yang dimiliki siswa tersebut. Dalam hal ini seorang siswa yang ingin memiliki perilaku sosial yang baik tentunya harus memilki akhlak yang baik, begitu juga sebaliknya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi yang digunakan guru dalam pembinaan akhlak sebagai upaya meningkatkan sikap social siswa, bentuk upaya serta faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi kepala sekolah dan guru dalam pembinaan akhlak siswa SMKN 01 Bumi Agung. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang berupaya mendeskripsikan kenyataan secara benar. Sumber data yang di gunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder, diantaranya adalah Kepala Sekolah, Guru, dan Siswa. Metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi.Uji keabsahan data yaitu triangulasi teknik dan triangulasi sumber dan dianalisis secara berkesinambungan dengan cara mereduksi data, display data, verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi pembinaan akhlak dalam meningkatkan sikap sosial siswa di SMKN 01 Bumi Agung ialah; Pembinaan akhlak meningakatkan sikap sosial: (a) sikap jujur, siswa dituntut untuk berkata dan bertingkahlaku yang sebenarnya, (b) sikap disiplin, siswa patuh terhadap nilai-nilai, (c) sikap taggung jawab, kesadaran diri siswa, (d) sopan santun, bertingkahlaku yang baik, (e) percayadiri, kemampuan diri dalam melakukan tugas, (f) sikap peduli, keterpanggilan kita untuk melibatkan diri dalam suatu kejadian. 2) Faktor pendukung dan Penghambat yang mempengaruhi akhlak; a) Lingkungan Keluarga; b) Lingkungan Sekolah; c) Lingkungan masyarakat. 3) Dampak pembinaan akhlak dalam meningkatkan sikap sosial siswa di SMKN 01 Bumi Agung adalah: (a) Menghormati guru, siswa menjadi lebih hormat kepada guru dan juga siswa jadi ramah, (b) Keakraban dengan teman yang lain, siswa jadi lebih dekat dengan teman-teman yang lain bukan hanya teman sekelas tapi juga teman yang lain kelas, (c) Memiliki kepedulian terhadap orang lain yang tertimpa musibah, dan (d) Taat peraturan, dengan adanya kegiatan pembinaan sikap sosial siswa tersebut menjadikan siswa memiliki kesadaran yang tinggi untuk mentaati aturan yang ada.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 10 Jun 2023 03:01 |
Last Modified: | 10 Jun 2023 03:01 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7690 |
Actions (login required)
View Item |