Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Komunikasi Pengelola Radio Trirama 93,1 FM Dalam Meningkatkan Minat Pendengar

Sari, Ayu Laila (2023) Strategi Komunikasi Pengelola Radio Trirama 93,1 FM Dalam Meningkatkan Minat Pendengar. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI AYU LAILA SARI - 1703060016 - KPI.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Radio merupakan media penyampaian informasi dari pihak satu ke pihak lain melalui suara. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang tinggi, radio menghadapi berbagai tantangan untuk mempertahankan eksistensinya. Namun masih banyak stasiun radio yang tetap eksis salah satunya adalah Radio Trirama 93,1 Fm. Radio Trirama 93,1 Fm mengalami peningkatan jumlah pendengar Radio Trirama, padahal trend radio sudah banyak ditinggalkan oleh pendengar.

Tujuan dari mendeskripsikan strategi komunikasi pengelola Radio Trirama 93,1 FM yang baik sehingga mampu meningkatkan minat pendengar. Jenis penelitian ini penelitian lapangan ( field research ) sifat penelitian ini deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode pengimpulan data yang digunakan wawancara, observasi dan dokumentasi.

Hasil penelitian yang didapat oleh peneliti, berdasarkan dari hasil penelitian bahwa Strategi Komunikasi Pengelola Radio Trirama 93,1 FM Dalam Meningkatkan Minat Pendengar diantaranya pertama, mengadakan acara siaran keliling yang mampu konsisten memberikan program yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat yaitu dengan cara trirama; (1) mempromosikan lebih ke door to door mempermudah masyarakat untuk membeli prodak-prodaknya yang dipasarkan serta trirama memperduli kesehatan masyarakat. (2) mengadakan kuis, saat melaksanakan pengecekan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat dan setiap pembelian prodak trirama yang sesuai kebutuhan masyarakat. (3) Jingle partfoom mampu memproduksi jingle – jingle secara berkala. (4) Penggunaan Aplikasi Radio Trirama FM NET dapat dijangkau semua wilayah dan semua orang. (5) Penggunaan media dalam kegiatan partisipasi, semua pengguna media sosial dapat mengetahui semua kegiatan trirama, dan dapat mengetahui serangkaian program trirama sekaligus ikut gabung berpartisipasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 13 Jun 2023 00:26
Last Modified: 13 Jun 2023 00:26
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7739

Actions (login required)

View Item View Item