Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII MTs Riyadlatul ‘Ulum

Sodikin, . (2022) Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII MTs Riyadlatul ‘Ulum. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Sodikin - 1801040028 - Tadris Matematika.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena rendahnya kemampuan siswa dalam pemahaman konsep dalam pembelajaran matematika. Siswa cenderung menghafal rumus-rumus yang diajarkan oleh guru, sehingga peserta didik cepat lupa ataupun peserta didik tidak dapat menentukan permasalahannya dan bagaimana merumuskannya, sehingga peserta didik sulit untuk menentukan langkah-langkah untuk menyelesaikan soal tersebut yang diberikan oleh guru.

Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: apakah terdapat pengaruh model problem based learning terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII MTs Riyadlatul ‘Ulum. Pengaruh pada penelitian ini ditunjukkan dengan adanya perbedaan rata-rata kemampuan pemahaman konsep siswa kelas eksperimen dengan siswa kelas kontrol.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang terbagi menjadi tiga kelas dengan jumlah 92 siswa, guna memilih kelas untuk memperoleh kelas mana yang akan dijadikan sebagai sampel peneliti menggunakan teknik Simple random sampling. Sehingga kelas VIII.B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.C sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan metode soal tes. Pengujian validitas menggunakan rumus korelasi product moment dan pengujian reabilitas menggunakan rumus Cronbach-Alpha. Teknik analisis data menggunakan analisis awal dan analisis akhir.

Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, diperoleh nilai rata-rata pemahaman konsep matematis siswa menggunakan model problem based learning lebih tinggi dibandingkan siswa yang memperoleh model pembelajaran konvesional. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model problem based learning terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII MTs Riyadlatul Ulum.

Kata Kunci : Pemahaman Konsep, PBL, dan Pembelajaran Matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Matematika
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 10 Jun 2023 03:04
Last Modified: 10 Jun 2023 03:04
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7743

Actions (login required)

View Item View Item