Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi Penilaian Aspek Sikap Spiritual Dan Sosial Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MTs Nurul Iman Rejo Agung Tegineneng Pesawaran

Hartanti, Elok Puji (2023) Implementasi Penilaian Aspek Sikap Spiritual Dan Sosial Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MTs Nurul Iman Rejo Agung Tegineneng Pesawaran. Masters thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
TESIS Elok Puji Hartanti - 2071010014 - PAI.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Evaluasi atau penilaian merupakan salah satu komponen tahapan yang harus ditempuh guru dalam kegiatan pembelajaran. Tahapan dalam merencanakan penilaian sikap yang dilakukan guru adalah mengidentifikasi KI dan KD, merumuskan indikator, teknik dan instrumen penilaian. Tidak semua teknik penilaian sikap dapat dilaksanakan, dan tidak semua indikator sikap spiritual dan sikap sosial dapat dinilai secara maksimal dalam satu semester. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Bagaimana pelaksanaan penilaian aspek spiritual dan sosial peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Nurul Iman Rejo Agung, 2) Kendala-kendala dalam penilaian aspek spiritual dan sosial peserta didik di MTs Nurul Iman Rejo Agung mata pelajaran akidah akhlak di MTs Nurul Iman Rejo Agung.

Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan. Sifat penelitian ini adalah penelitian deskriptif, yaitu bentuk penelitian yang ditujukan untuk menggambarkan fenomena yang ada. Sumber data dalam penelitian ini adalah subjek dari mana data diperoleh, yaitu sumber primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, dokumentasi dan observasi. Pengujian keabsahan data dengan triangulasi. Sedangkan analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Perencanaan penilaian aspek spiritual dan sosial peserta didik mata pelajaran akidah akhlak di MTs Nurul Iman telah dilaksanakan sesuai dengan teori yang ada, yaitu guru akhlak akidah telah mengidentifikasi KI-1, KI-2 dan KD, kemudian menyusunnya menjadi indikator, dan memilih teknik dan instrumen penilaian yang digunakan. 2) Pelaksanaan penilaian sikap spiritual dan sikap sosial pada mata pelajaran akhlak akidah di MTs Nurul Iman sudah dilaksanakan namun belum maksimal dengan teknik penilaian observasi, penilaian diri dan penilaian teman sejawat, dan jurnal. 3) Pengolahan dan pelaporan penilaian sikap telah dilaksanakan dengan baik. Pada tahap pengolahan nilai, skor yang diberikan bergantung pada instrumen yang digunakan, jika menggunakan teknik observasi dengan instrumen penilaian jurnal menggunakan catatan, karena jurnal tersebut memuat catatan tentang tingkah laku siswa yang diamati.4). Kendala yang dihadapi guru dalam penilaian sikap adalah guru belum memahami secara mendalam tentang pelaksanaan penilaian sikap, merumuskan indikator penilaian, tehnik, dan cara membuat instrumen penilaian.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 10 Jun 2023 03:04
Last Modified: 10 Jun 2023 03:04
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7749

Actions (login required)

View Item View Item