Sidiq, Rasyid (2023) Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Se-Kecamatan Bandar Sribhawono. Masters thesis, IAIN Metro.
PDF
TESIS Rasyid Sidiq - 2071010029 - PAI.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Pembelajaran Jarak Jauh merupakan salah satu model pembelajaran yang digunakan guru dalam menyampaikan bahan ajar kepada siswa melalui media online. Di Indonesia saat ini telah tersebar penyakit pandemic bernama covid-19, untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 pemerintah mengeluarkan surat edaran untuk melaksanakan pembelajaran secara jarak jauh di setiap satuan pendidikan di Indonesia. Namun pada kenyataannya implementasi pembelajaran jarak jauh sulit diterapkan di satuan pendidikan khususunya di Kecamatan Bandar Sri Bhawono Kabupaten Lampung Timur, pembelajaran jarak jauh dirasa kurang maksimal diterapkan pada mata pelajaran pendidikan agama Islam karena guru tidak dapat mengawasi kegiatan pembelajaran secara maksimal. Dari sinilah penelitian ini berangkat yakni berusaha mengkaji pembelajaran jarak jauh pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Bandar Sri Bhawono, SMK Praja Utama dan SMK 2 Kosgoro mengenai efektifitas pembelajarannya.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif diskriptif, yang berlokasi di tiga sekolahan yakni di SMAN 1 Bandar Sri Bhawono, SMK Praja Utama dan SMK 2 Kosgoro. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa dari ketiga sekolahan tersebut, sedangkan objeknya adalah mata pelajaran PAI. Data utama yang digali dalam penelitian ini adalah desain pembelajaran, proses pembelajaran, evaluasi, dan hasil belajar siswa. Adapun teknik pengumpulan data yaitu, angket, wawancara dan observasi. Setelah data dikumpulkan, kemudian data dianalisis dengan menggunakan metode analisis data yaitu uji t untuk menguji tingkat efektifitas pembelajarannya.
Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa efektifitas pembelajaran jarak jauh dalam pembelajaran pendidikan agama Islam cukup efektif hal tersebut dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar pada setiap ujian yang dilaksanakan. Namun desain pembelajaran, menggunakan aplikasi Zoom/Classroom/WhatsApp, proses pembelajaran yang dilakukan masih kurang berfariasi dan tidak menyampaikan materi secara keseluruhan evaluasi hasil belajar dilakukan dengan partisipasi siswa secara online dan mengirimkan foto hasil belajar.
Kata Kunci : Pembelajaran Jarak Jauh, Pendidikan Agama Islam
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 10 Jun 2023 03:06 |
Last Modified: | 10 Jun 2023 03:06 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7753 |
Actions (login required)
View Item |