Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi Metode Jarimatika terhadap Hasil belajar Matematika Siswa Kelas Besar SDN 3 Margototo

Septiani, Sela (2023) Implementasi Metode Jarimatika terhadap Hasil belajar Matematika Siswa Kelas Besar SDN 3 Margototo. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SELA SEPTIANI_1901032033_SKRIPSI - sela septiani.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Permasalahan yang ada di SDN 3 Margototo menarik peneliti mengambil judul implementasi metode jarimatika pada pembelajaran matematika kelas besar SDN 3 Margototo adalah pada dasarnya lemahnya perkalian siswa serta ketidaksenangnya siswa pada mata pelajaran matematika. Untuk menunjang pembelajaran tersebut guru kelas V dan guru kelas VI menggunakan metode jarimatika yang dimaksudkan untuk memudahkan siswa dalam melakukan perhitungan cepat dengan menggunakan jari. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan pembelajaran metode jarimatika terhadap hasil belajar matematika siswa kelas besar SDN 3 Margototo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini guru kelas V dan kelas VI dan siswa kelas V dan kelas VI SDN 3 Margototo. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode
wawancara/interview, observasi, dan dokumentasi. Analisis data penelitian melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Data hasil belajar menggunakan tes tertulis, pada siswa kelas V SDN 3 Margototo yang berjumlah 15 siswa ada 9 siswa termasuk kategori baik dan ada 6 siswa termasuk kategori sedang. Pada siswa kelas VI SDN 3 Margototo yang berjumlah 15 siswa ada 13 siswa termasuk kategori baik dan ada 2 siswa termasuk kategori sedang. Siswa kelas V dan kelas VI sudah mencapai mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) dengan nilai KKM 60. 2) Data hasil wawancara meliputi; a) Implementasi
metode jarimatika terhadap hasil belajar matematika siswa kelas besar SDN 3 Margototo meliputi; perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. b) Faktor pendukung metode jarimatika meliputi: (1) Kelas V yaitu: (a) Siswa senang berhitung dengan metode jarimatika; (b) Tidak memakan waktu; (c) Memudahkan dalam berhitung. (1) Kelas VI yaitu: (a) Hemat; (b) Dapat dilakukan dimana saja; (c) Alatnya tidak
takut ketinggalan; (d) Menyenangkan. c) Faktor penghambat metode jarimatika meliputi: (1) Kelas V yaitu: (a) Kurangnya perhatian siswa saat guru menjelaskan; (b) Siswa sering keliru antara menjumlahkan atau mengalikan. (2) Kelas VI yaitu: (a) Penanaman dan pemahaman konsepnya lama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 13 Jun 2023 00:25
Last Modified: 13 Jun 2023 00:25
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7776

Actions (login required)

View Item View Item