Aisyah, Asyif Rayendra (2023) Pengaruh Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Di SD Negeri 2 Badran Sari Kecamatan Punggur Kabupaten Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI ASYIF RAYENDRA AISYAH - 1901030009 - PGMI.pdf - Other Download (9MB) |
Abstract
Model pembelajaran merupakan salah satu hal penting dari rancangan kegiatan pembelajaran. Model pembelajaran harus diberikan sesuai dengan kondisi kelas dan karakter siswa. Penerapan model pembelajaran yang tepat juga dapat mempengaruhi proses belajar siswa yang berimbas pada hasil belajar siswa. Apabila tepat dalam pemilihan model pembelajaran yang membuat siswa dapat menerima materi dengan baik, maka hasil belajar siswa akan baik pula. Namun, guru kelas V di SD Negeri 2 Badran Sari lebih sering menggunakan model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah. Sehingga siswa menjadi kurang aktif, kurang kritis, dan menjadi malas berpikir yang mengakibatkan 60% siswa tidak tuntas pada mata pelajaran bahasa Indonesia terutama pada materi memahami ide pokok bacaan. Hal inilah yang menarik peneliti untuk melakukan penelitian. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) terhadap hasil belajar bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri 2 Badran Sari Kecamatan Punggur Kabupaten Lampung Tengah.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Lokasi penelitian yaitu di SD Negeri 2 Badran Sari Kecamatan Punggur Kabupaten Lampung Tengah dengan populasi seluruh siswa berjumlah 111 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling. Sample penelitian yaitu kelas V yang berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi dan dokumentasi. Pada teknik analisis data, setelah data dinyatakan valid dan reliabel, data kemudian diolah untuk diketahui normalitas data.
Hasil penelitian ditunjukan pada hasil prestest dengan nilai rata-rata sebesar 61, 67 dan hasil posttest dengan nilai rata-rata sebesar 82,00 yang diberikan materi menggunakan model pembelajaran CIRC (Cooperative Intregated Reading and Composition). Hal tersebut kemudian dibuktikan dengan uji T-tes (Uji Paired Sample T-test) dan didapatkan nilai sig. (2-tailed) hasil pretest dan posttest adalah 0,00 yang berarti dari hasil nilai sig. (2-tailed) kurang dari dari 0,05 (0,00 < 0,05) yang menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara hasil pretest dan posttest sehingga dapat dikatakan ada pengaruh penggunaan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) terhadap hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri 2 Badran Sari Kecamatan Punggur Kabupaten Lampung Tengah dengan tingkat signifikasi sedang.
Kata Kunci: Model pembelajaran, Model CIRC, Bahasa Indonesia
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 07 Nov 2023 03:15 |
Last Modified: | 07 Nov 2023 03:15 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7782 |
Actions (login required)
View Item |