Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Guru Dalam Mengembangkan Kecerdasan Verbal Linguistik

Fadhilah, Dita Nur (2023) Peran Guru Dalam Mengembangkan Kecerdasan Verbal Linguistik. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI DITA NUR FADHILAH -1801051020 - PGMI.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya mengembangkan kecercadan verbal linguistik bagi siswa sekolah dasar, serta adanya permasalahan di kelas 2 SD Negeri 1 Batangharjo di mana terdapat dua orang siswa yang masih mengalami kendala dalam membaca. Padahal keterampilan membaca adalah bekal penting yang harus dimiliki oleh siswa kelas rendah agar tidak mengalami kendala di kelas berikutnya.

Kecerdasan verbal linguistik adalah kecerdasan paling pertama yang berhubungan dengan bahasa. Kecerdasan verbal linguistik merupakan kecerdasan yang menjadi awal berkembangnya berbagai kemampuan seperti menyimak, berbicara, membaca dan menulis.1 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca siswa kelas 2 dan peran guru dalam mengembangkan kecerdasan verbal linguistik siswa dalam aspek membaca siswa kelas 2 SD Negeri 1 Batangharjo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur dengan melihat pelaksanaan kegiatan pembelajaran membaca.

Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di SD Negeri 1 Batangharjo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah guru kelas 2, siswa kelas 2, dan kepala sekolah. Teknik analisis data adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Berdasarkan data yang diperoleh, diketahui bahwa dari 19 siswa yang ada di kelas 2, 5,3% siswa memiliki kemampuan membaca yang Sangat Kurang (SK), 5,3% siswa memiliki kemampuan membaca yang Kurang (K), 5,3% siswa memiliki kemampuan membaca yang Cukup (C), 16% siswa memiliki kemampuan membaca yang baik, dan 68% siswa memiliki kemampuan membaca yang Sangat Baik (SB). Kemudian, peran guru dalam mengembangkan kecerdasan verbal linguistik siswa kelas 2 SD Negeri 1 Batangharjo dalam aspek membaca yaitu guru sebagai pendidik, pengajar, fasilitator, pembimbing, pelayan, perancang, pengolah, inovator, dan penilai.2 Peran guru sebagai pendidik, pengajar, pembimbing, pelayan, perancang, pengolah, dan penilai dikatakan Sangat Baik karena dari aspek yang diamati presentasenya mencapai 87,5% − 100%. Peran guru sebagai inovator dan fasilitator dikatakan Kurang karena dari tiga aspek yang diamati presentasenya hanya mencapai 25% dan 33,3%. Dalam pembelajaran membaca, guru belum menggunakan strategi dan metode yang bersifat baru. Selain itu, wacana untuk mengadakan pembelajaran di luar kelas bagi siswa yang kemampuan membacanya masih rendah sampai saat ini berlum terealisasi. Dari banyaknya peran guru tersebut, peran guru sebagai pembimbing dan pengajar adalah yang paling dominan di mana aspek yang diamati lebih banyak dari yang lain dan presentasenya mencapai 87,5% dan 100%.

Kata Kunci: Peran Guru, Kecerdasan Verbal Linguistik, Keterampilan Membaca
1 Irma Agustinalia, Mengenal Kecerdasan Manusia (Sukoharjo:
CV Graha Printama Selaras, 2016), 44.
2 Suparlan, Menjadi Guru Efektif (Yogyakarta: Hikayat
Publishing, 2005), 27. vi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 07 Nov 2023 03:16
Last Modified: 07 Nov 2023 03:16
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7784

Actions (login required)

View Item View Item