Safitri, Cindy Ayu (2023) Pengaruh Metode Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Karakter Siswa Dalam Pembelajaran PKn. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI CINDY AYU SAFITRI - 1801050011 - PGMI.pdf - Other Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan menganai menurunnya karakter yang ada pada diri siswa. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah metode pembelajaran yang selama ini digunakan belum maksimal dalam membentuk karakter pada diri siswa di kelas IV SDN Bumi Raharjo. Kondisi ini mengakibatkan sebagian dari siswa memiliki krisis karakter yang harus ditangani dengan baik.
Metode Contextual Teaching and Learning (CTL) adalah sebuah metode pembelajaran dimana dalam pelaksannyaannya mengaitkan materi pembelajaran dengan keseharian yang dialami oleh siswa, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap karakter siswa dalam pembelajaran PKn kelas IV di SDN Bumi Raharjo.
Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimental desain Non equitvalent Control Group. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Bumi Raharjo. Jenis sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah sampling jenuh. Pada penelitian ini sampel yang peneliti gunakan berjumlah 56 peserta didik. Dengan penjabaran 28 peserta didik sebagai kelas eksperimen yang menggunakan metode Contextual Teaching and Learning dan 28 peserta didik sebagai kelas kontrol yang tidak menggunakan metode Contextual Teaching and Learning. Tehnik pengumpulan data pada penelitian ini berupa angket kemudian dianalisis dengan uji-t, sebelumnya data tersebut sudah diuji prasyarat dengan uji normalitas dan uji homogenitas.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa metode Contextual Teaching and Learning berpengaruh terhadap karakter siswa dalam pembelajaran PKn kelas IV SDN Bumi Raharjo. Hal ini dilihat dari hasil pengujian hipotesis yang dilakukan menggunakan uji Paired Sample T-test dengan hasil nilai sig. yang diperoleh adalah sebesar 0,000 dimana 0,000 < 0,05. Artinya karakter siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan metode Contextual Teaching and Learning bisa dikatakan lebih baik dibandingkan dengan ketika menggunakan model pembelajaran konvensional.
Kata Kunci : Contextual Teaching and Learning, Karakter Siswa, Quasi Eksperimental, Pembelajaran PKn
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 07 Nov 2023 03:16 |
Last Modified: | 07 Nov 2023 03:16 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7785 |
Actions (login required)
View Item |