Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Motivasi Dan Self Efficacy Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Di SMP Negeri 1 Pekalongan

Melina, Nendra Gita (2023) Pengaruh Motivasi Dan Self Efficacy Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Di SMP Negeri 1 Pekalongan. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI NENDRA GITA MELINA - 1901070010 - T. IPS.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Belajar merupakan proses yang dialami siswa yang ditandai dengan adanya perubahan perilaku sebagai akibat dari interaksi dengan lingkungannya. Dalam proses belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya yaitu motivasi dan self efficacy. Tujuan dari penelitian ini yaitu pertama, untuk mengetahui adakah pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di SMP negeri 1 Pekalongan. Kedua, adakah pengaruh self efficacy terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Pekalongan. Dan ketiga, adakah pengaruh motivasi dan self efficacy terhadap hasil belajar pada pembelajaran IPS di SMP negeri 1 Pekalongan.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa yang berjumlah 396 siswa dengan sampel sebanyak 80 siswa yan dipilih acak menggunakan teknik Proportional Random Sampling. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Kemudian data diolah dengan teknik analisis uji regresi linier sederhana dan teknik analisis uji regresi linier berganda.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa tidak ada pengaruh antara motivasi belajar terhadap hasil belajar hal tersebut dibuktikan dengan hasil t hitung sebesar 0.171 dari variabel motivasi belajar lebih kecil dari t tabel sebesar 1.99085, sehingga t hitung < t tabel (0.171< 1.99085). Tidak ada pengaruh antara self efficacy terhadap hasil belajar hal tersebut dibuktikan dengan hasil t hitung sebesar -0.993 dari variabel self efficacy lebih kecil dari t tabel sebesar 1.99085, sehingga t hitung < t tabel (-0993 < 1.99085). Dan tidak ada pengaruh antara motivasi dan self efficacy terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Pekalongan hal tersebut juga dibuktikan dengan hasil F hitung sebesar 1.091 dari variabel motivasi belajar (X1) dan self efficacy (X2) lebih kecil dari F tabel sebesar 3.12, sehingga F hitung < F tabel (1.091<3.12).

Kata Kunci : Motivasi, Self Efficacy, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 07 Nov 2023 03:17
Last Modified: 07 Nov 2023 03:17
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7787

Actions (login required)

View Item View Item