Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi Metode Muroja’ah Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an Santri di Pondok Pesantren Darul Muttaqin

Annur, Az Zahraty (2022) Implementasi Metode Muroja’ah Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an Santri di Pondok Pesantren Darul Muttaqin. Masters thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
TESIS AZ ZAHRATY ANNUR - 19001838 - PAI.pdf - Other

Download (10MB)

Abstract

Metode muroja’ah merupakan kunci kesuksesan dalam menghafal Al Qur’an. Dilakukan secara terus-menerus akan memperkuat dan mempertajam ingatan para huffadz Al-Qur’an. Dalam menghafal Al-Qur’an, metode muroja’ah adalah metode yang paling dianjurkan karena semakin baik metode muroja’ah yang dilakukan maka akan semakin baik pula kualitas hafalan yang dihasilkan.

Maksud diadakan penelitian ini adalah Untuk mengetahui implementasi metode muroja’ah dan menguraikan tentang cara penerapan metode muroja’ah yang digunakan dalam peningkatkan kualitas hafalan Al-Qur’an bagi santri di Pondok Pesantren Darul Muttaqin Metro.

Jenis penelitian ini adalah penelitian field research atau penelitian lapangan. Penelitian lapangan ini mengadakan penelitian secara langsung tentang suatu fakta yang terjadi.Adapun sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini didapatkan melalui: Pertama, wawancara dengan Kepala Pondok Pesantren Darul Muttaqin, Wakil Kepala Pondok Pesantren Darul Muttaqin, Guru pengampu Tahfidz, dan santri. Kedua, observasi kegiatan pembelajaran tahfidz Al-Qur’an, Ketiga, dokumentasi kegiatan di lapangan. Teknik uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan Triangulasi Teknik.

Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1. Implementasi metode muroja’ah di Pondok Pesantren Darul Muttaqin Kota Metro menggunakan tiga tahapan yang disebut 3P persiapan, penyetoran, penguatan. 2. Penerapan metode muroja’ah di Pondok Pesantren Darul Muttaqin dilakukan dengan 3 cara yakni a. Perencanaan yang dirumuskan oleh Tim Kurikulum. b. Pelaksanaan dilakukan dengan minimun setoran muroja’ah ¼ juz, kemudian 1 juz sekali duduk, dan ujian munaqosyah. c. Evaluasi yang dilakukan setiap hari dan evaluasi per pekan dilakukan dengan rapat bersama dewan ustadz/ustadzah pengampu tahfidz. 3. Tasmi’ lima juz dan wisuda tahfidz sebagai output dari metode muroja’ah. 4) Penunjang program muroja’ah dilakukan dengan mengadakan jadwal muroja’ah individu, muroja’ah berpasangan, muroja’ah mingguan, dan Tasmi’ Akbar.

Kata kunci: Implementasi, Kualitas, Muroja’ah, Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pascasarjana
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 24 Oct 2023 07:56
Last Modified: 24 Oct 2023 07:56
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7789

Actions (login required)

View Item View Item