Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi Analisis SWOT Dalam Strategi Marketing Kerajinan Tapis Lampung Ethnic Desa Sumbergede Kecamatan Sekampung Kabupaten Lampung Timur

Khotimah, Husnul (2023) Implementasi Analisis SWOT Dalam Strategi Marketing Kerajinan Tapis Lampung Ethnic Desa Sumbergede Kecamatan Sekampung Kabupaten Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI HUSNUL KHOTIMAH - 1804040046 - ESY.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Analisis SWOT dalam Strategi Marketing Kerajinan Tapis Lampung Ethnic menggunakan analisis faktor lingkungan internal dan ekternal melalui analisa keunggulan dan kelemahan perusahaan, serta analisa kesempatan dan ancaman yang dihadapi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi analisis SWOT dalam strategi marketing pada usaha kerajinan tapis Lampung Ethnic.

Dalam penelitian ini, jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian lapangan (Field Research), sedangkan sifat penelitian yang peneliti gunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang peneliti gunakan adalah sumber data primer diperoleh dari Pemilik, 1 karyawan bagian marketing dan 2 konsumen. Sumber data sekunder diperoleh dari buku-buku dan jurnal yang berhubungan dengan penelitian ini. Metode pengumpulan data, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data, peneliti menggunakan analisis data kualitatif dengan menggunakan cara berpikir induktif.

Hasil penelitian menunjukan bahwa Implementasi SWOT dalam strategi marketing pada usaha kerajinan tapis Lampung ethnic menggunakan strategi bauran pemasaran yaitu: product, price, place, promotion, people, process, dan Physical Eviden. Dari 7P yang telah diterapkan Lampung Ethnic sebagian besar telah diterapkan dengan baik dan sudah memberikan dampak positif untuk kemajuan Lampung Ethnic, namun penerapannya masih ada yang kurang atau belum maksimal, yaitu bauran promosi dan lokasi. Lampung Ethnic memiliki beberapa poin kekuatan yang menjadikannya tetap mampu bersaing yaitu: Pilihan produk yang beragam, Produk yang ditawarkan berkualitas dan unggulan, Mengutamakan kualitas dari bahan baku, pemasaran melalui media sosial, pelayanan yang ramah. Kelemahan Lampung Ethnic yaitu, Letak lokasi yang kurang strategis, kurangnya SDM, Harga yang cukup mahal. Peluang yang dimiliki: Kualitas produk yang diakui konsumen, Pesaing di sekampung masih sedikit. Sedangkan ancaman yang Lampung Ethnic hadapi: banyak produk-produk yang dihasikan oleh pengerajin tidak sesuai dengan standar dan adanya kompetitor yang memproduksi produk yang sama.

Kata Kunci : Analisis SWOT, Strategi Marketing, Kerajinan Tapis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 12 Jul 2023 02:17
Last Modified: 12 Jul 2023 02:17
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7796

Actions (login required)

View Item View Item