Nuraini, Lutfi (2023) Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Pengembangan Usaha Para Pedagang Di Pasar Tradisional (Studi Pada Pasar Tradisional Di Desa Sidoharjo, Kec. Penawartama, Kab. Tulang Bawang, Lampung). Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI LUTFI NURAINI - 1903011075 - ESy.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Pengembangan usaha pada suatu industri sangatlah diharuskan apabila industri tersebut ingin berkembang menjadi lebih besar. Banyak sekali faktor faktor yang perlu diperhatikan dan diperbaiki agar perkembangan suatu industri bisa berjalan dengan cepat dan tentunya akan bisa memberikan keuntungan juga nilai tambah pada industri tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk meninjau dan mengidentifikasi terkait penerapan etika bisnis Islam terhadap pengembangan usaha antar pedagang yang terjadi di Pasar Tradisional Sidoharjo Kecamatan Penawartama Kabupaten Tulang Bawang.
Metode yang peneliti gunakan adalah jenis penelitian lapangan (field research) dengan sifat penelitian yaitu penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder, dengan teknik pengumpulan data yaitu teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kerangka berfikir induktif.
Berdasarkan hasil penelitian, bahwa terkait penerapan etika bisnis terhadap pengembangan usaha yang dilakukan oleh para pedagang sayur di pasar tradisional Sidoharjo belum semua sesuai dengan prinsip etika bisnis Islam. Hal tersebut dikarenakan keterbatasan pengetahuan yang dimiliki oleh pedagang, sehingga dalam melakukan pengembangan usaha para pedagang hanya menerapkan strategi yang dapat menguntungkannya sebanyak-banyaknya tanpa mengikuti ketentuan yang ditetapkan dalam hukum Islam. Bentuk pengembangan usaha yang telah diterapkan oleh pedagang di pasar tardisional Sidoharjo yang sangat menonjol adalah pengembangan usaha dalam segi produk. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya pedagang yang terus memingkatkan kualitas produk yang dijualnya sehingga jumlah pembeli yang datang setiap harinya dan pendapatan yang diperoleh setiap bulannya juga ikut meningkat.
Kata Kunci: Etika Bisnis, Pengembangan Usaha, Pasar Tradisional, Pedagang
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 12 Jul 2023 02:17 |
Last Modified: | 12 Jul 2023 02:17 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7797 |
Actions (login required)
View Item |