Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Strategi Marketing BMT Adzkiya Khidmatul Ummah (AKU) Metro Dalam Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat Menjadi Anggota Di Era New Normal

Fitria, Sevi (2023) Analisis Strategi Marketing BMT Adzkiya Khidmatul Ummah (AKU) Metro Dalam Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat Menjadi Anggota Di Era New Normal. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI SEVI FITRIA - 1903021065 - PBS.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Strategi pemasaran adalah rencana yang diterapkan pada bidang pemasaran untuk mencapai hasil yang maksimal, yaitu dengan melakukan pendekatan untuk menawarkan dan menjual suatu barang atau jasa kepada masyarakat (dalam hal ini produk BMT). Sedangkan kepercayaan nasabah adalah keyakinan nasabah bahwa orang yang dipercayainya atau bank yang dipercayainya akan melaksanakan segala kewajibannya dengan baik sesuai dengan yang diharapkan.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran yang digunakan BMT Adzkiya Khidmatul Ummah (AKU) Metro dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat menjadi anggotanya di era new normal. Jenis penelitian ini adalah field reserch atau penelitian lapangan. Penelitian ini bersifat deskriptf kualitatif. Dalam pengumpulan data menggunakan dua metode yaitu metode wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kualitatif lapangan.

Hasil penelitian ini yaitu strategi yang digunakan BMT Adzkiya Khidmatul Ummah (AKU) Metro adalah strategi bauran pemasaran yaitu a) Product, yaitu BMT AKU Metro menawarkan produk yang bermacam-macam dan berusaha memberikan kualitas produk yang bagus b) Price, yaitu BMT AKU Metro menetapkan harga masing-masing produk simpanan terjangkau, setoran awal minimal Rp. 10.000 c) Promotion, yaitu BMT AKU Metro mempromosikan produknya secara offline dan secara online d) Place, yaitu BMT AKU Metro memilih tempat yang strategis e) People, yaitu BMT AKU Metro melakukan peningkatan kualitas SDM f) Process, yaitu BMT AKU Metro menerapkan proses yang mudah dan nyaman bagi masyarakat yang ingin menjadi anggotanya, g) Physical Evidence, yaitu BMT AKU Metro berusaha memberikan kenyamanan dan keamanan dengan kondisi kantor yang bersih dan rapi serta tertutup.

Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Kepercayaan Masyarakat, Bauran Pemasaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 12 Jul 2023 02:18
Last Modified: 12 Jul 2023 02:18
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7801

Actions (login required)

View Item View Item