Pratiwi, Shelyna (2023) Pengaruh Penggunaan Strategi Active Learning Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X SMA Negeri 1 Trimurjo. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI Shelyna Pratiwi - 1901010067 - PAI.pdf - Other Download (6MB) |
Abstract
Active learning atau pembelajaran aktif merupakan sebuah strategi yang memungkinkan untuk melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. pembelajaran tipe jigsaw adalah sebuah pembelajaran dimana dalam proses belajar melibatkan beberapa kelompok yang saling bekerja sama.
Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Apakah ada pengaruh penggunaan strategi active learning tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas x sma negeri 1 trimurjo?”
Penelitian ini betujuan untuk mengetahui tentang pengaruh penggunaan strategi active learning tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas x sma negeri 1 trimurjo. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 1 Trimurjo, yang berjumlah 228 siswa, yang terdiri dari 7 kelas. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel penelitian ini adalah Random Sampling dengan jumlah yang diambil 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner (angket) dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan rumus Product Moment.
Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah “terdapat pengaruh penggunaan strategi active learning tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas x sma negeri 1 trimurjo”.
Berdasarkan data yang dianalisis diketahui bahwa terdapat pengaruh penggunaan strategi active learning tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas x sma negeri 1 trimurjo. Dilihat dari hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus Chi Kuadrat dengan perolehan Chi Kuadrat ( hitung) yaitu 13,8328 lebih besar dari harga Chi Kuadrat ( tabel) signifikan 5% dengan harga 9, 488. Sedangkan dalam penelitian ini diterima dan ditolak dengan tingkat hubungan sangat tinggi. Adapun hasil dari perhitungan koefisien determinasinya strategi active learning tipe jigsaw memiliki pengaruh sebesar 67,15% dalam mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X SMA Negeri 1 Trimurjo.
Kata Kunci : Strategi Active Learning, Strategi Tipe Jigsaw
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 12 Jul 2023 02:18 |
Last Modified: | 12 Jul 2023 02:18 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7805 |
Actions (login required)
View Item |