Khotijah, Khotijah (2016) Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini. Elementary, 2 (1). pp. 35-44.
PDF
ELEMENTARY 16.pdf - Other Download (243kB) |
Abstract
Bahasa merupakan alat untuk berkomunikasi. Perkembangan bahasa bagi anak dimulai sejak bayi melalui pengalaman dan pertumbuhan bahasa. Pengembangan kemampuan berbahasa bagi anak usia dini bertujuan agar anak mampu berkomunikasi secara lisan dengan lingkungannya. Ada empat keterampilan berbahasa yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Konteks pengembangan bahasa hendaknya juga meliputi empat keterampilan tersebut. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam mengembangkan kemampuan berbahasa meliputi kegiatan yang dapat menstimulasi kemampuan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Anak usia dini mempunyai karakteritik yang unik. Dunia mereka adalah dunia bermain. Oleh karena itu kegiatan pengembangan bahasa yang dilakukan harus menggunakan strategi yang sesuai dengan dunia mereka. Banyak media yang bisa membantu guru dan orang tua dalam pengembangan bahasa anak usia dini. Anak-anak sekarang bisa mendownload sendiri seperti lagu/nyanyian dan cerita anak-anak. Media ini sekarang sangat disenangi anak-anak. Orang tua tinggal membimbing agar hasilnya lebih maksimal.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 13 Jun 2023 03:30 |
Last Modified: | 13 Jun 2023 03:30 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7815 |
Actions (login required)
View Item |