Maula, Nila Lailatul (2023) Pengaruh Variasi Gaya Mengajar Guru Qur'an Hadits terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X MA Ma'arif NU 5 Sekampung Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
Skripsi Nila Lailatul Maula (1901010056) - Nila Lailatul Maula.pdf - Other Download (7MB) |
Abstract
Variasi gaya mengajar merupakan kegiatan guru dalam mengatasi masalah kejenuhan siswa dalam proses belajar mengajar dikelas agar siswa memiliki antusias terhadap pelajaran, merasa tertarik dengan penyampaian guru, berperan
aktif serta tekun dalam memahami materi. Mengadakan variasi gaya mengajar dapat dilakukan dengan merubah gaya dalam penyampaian pembelajaran. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan keaktifan siswa didalam kelas. Namun, tidak
semua guru dapat melakukan variasi gaya mengajar, sehingga banyak siswa yang mudah merasa bosan bahkan mengantuk saat jam pelajaran berlangsung.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada pengaruh variasi gaya mengajar guru Qur’an Hadits terhadap minat belajar siswa kelas x MA Ma’arif NU 5 Sekampung Lampung Timur?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variasi gaya mengajar guru Qur’an Hadits terhadap minat belajar siswa kelas x MA Ma’arif NU 5 Sekampung Lampung Timur. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas x yang berjumlah
36 responden. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data angket (kuesioner) dan dokumentasi. Angket (kuesioner) ditujukan kepada siswa untuk memperoleh data tentang variasi gaya mengajar guru dan minat belajar siswa, serta dokumentasi yang bertujuan untuk mendapatkan informasi yang berkaitan dengan sejarah berdirinya MA Ma’arif NU 5 Sekampung, visi misi dan tujuan, keadaan guru dan pegawai, keadaan siswa dan keadaan sarana dan prasarana di MA
Ma’arif NU 5 Sekampung Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada pengaruh variasi gaya mengajar guru Qur’an Hadits terhadap minat belajar siswa kelas x MA Ma’arif NU 5 Sekampung Lampung Timur. Hal ini dibuktikan dari diuji korelasinya menggunakan rumus Person Product Moment dan diperoleh hasil rxy yaitu 0,626. Kemudian besarnya koefisien korelasi dengan menggunakan uji t, adapaun harga ttabel pada taraf signifikan 5% yaitu 2,032. harga tersebut thitung lebih besar dari ttabel yaitu 4,678 > 2,032 (thitung > ttabel ). Hasil perhitungan koefisien determinasi, variasi
gaya mengajar guru qur’an hadits mempunyai kontribusi atau pengaruh sebesar 39,18% dalam mempengaruhi minat belajar siswa kelas X MA Ma’arif NU 5 Sekampung Lampung Timur. Selain itu, untuk 60,82% dipengaruhi oleh faktor lain seperti faktor internal maupun eksternal pada diri siswa yang dapat mempengaruhi minat belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Syarif Mahendra . |
Date Deposited: | 13 Jun 2023 09:58 |
Last Modified: | 13 Jun 2023 09:58 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7821 |
Actions (login required)
View Item |