Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penerapan Permainan Ular Tangga untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif pada Anak di TK IT Cendikia Kecamatan Banjar Agung Kabupaten Tulang Bawang

Yulianti, Tri (2023) Penerapan Permainan Ular Tangga untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif pada Anak di TK IT Cendikia Kecamatan Banjar Agung Kabupaten Tulang Bawang. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI TRI YULIANTI 1801031017 LENGKAP - Tri Yulianti.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Kemampuan kognitif anak berpengaruh pada perilaku anak sehari-hari, kegiatan yang dapat dilakukan oleh pendidik untuk meningkatkan kognitif anak adalah dengan memberikan berbagai macam bentuk permainan contohnya permainan ular tangga. Potensi pada ranah kognitif terutama pada aspek
mengingat bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berfikir. Anak diharapkan dapat mengolah perolehan belajar dan menemukan bermacam-macam alternatif pemecahan masalah.salah satu hasil belajar yang harus dipahami adalah anak mampu mengenal berbagai konsep sederhana dalam kehidupan sehari–hari.
Keadaan perkembangan kognitif anak di TK IT Cendikia Kecamatan Banjar Agung Kabupaten Tulang Bawang belum berkembang dengan baik. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah ’’Apakah penerapan permainan ular tangga untuk mengembangkan kemampuan kognitif pada anak di TK IT
Cendikia Kecamatan Banjar Agung Kabupaten Tulang Bawang?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan permainan ular tangga untuk mengembangkan kemampuan kognitif pada anak di TK IT Cendikia Kecamatan Banjar Agung Kabupaten Tulang Bawang. Metodologi penelitian ini menggunakan penelitian Tidakan Kelas (PTK), permainan ular tangga sebagai variabel X dan kemampuan kognitif anak sebagai variabel Y. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi.
Sumber data diambil dari berbagai informan diantaranya kepala sekolah dan guru kelompok B TK IT Cendikia Kecamatan Banjar Agung Kabupaten Tulang Bawang.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa kegiatan permainan ular tangga dapat mengembangkan kemampuan kognitif anak di TK IT Cendikia Kecamatan Banjar Agung Kabupaten Tulang Bawang. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan kemampuan kognitif anak pada setiap siklusnya.
Pada prasiklus belum ada anak yang berkembang sangat baik (BSB), pada siklus I anak yang berkembang sangat baik (BSB) ada 4 anak dengan presentase 15%, sedangkan di siklus II mengalami peningkatan menjadi 11 anak dengan presentase
46%. Kesimpulan yang dapat di tarik adalah melalui permainan ular tangga dapat mengembangkan kemampuan kognitif anak di TK IT Cendikia Kecamatan Banjar Agung Kabupaten Tulang Bawang dan berkembang sangat baik (BSB) pada kategori mengklasifikasikani bendai berdasarkan fungsi, bentuk atau warna atau ukuran dan mengklasifikasikan benda kedalam kelompok yang sama atau kelompok yang sejenis atau kelompok yang berpasangan dengan dua varias, dari prasiklus, siklus I dan siklus II meningkat sebanyak 39%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 12 Jul 2023 02:14
Last Modified: 12 Jul 2023 02:14
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7901

Actions (login required)

View Item View Item