Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Kreativitas Guru IPS terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Rumbia

Herlina, Wida (2023) Pengaruh Kreativitas Guru IPS terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Rumbia. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI WIDA HERLINA (1901071034) - Wida Herlina.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Berdasarkan data hasil prasurvey, ditemukan beberapa permasalahan terkait kreativitas guru IPS yang maih rendah dilihat dari metode yang dipakai belum bervariasi, dan penggunaan media pembelajaran guru tersebut hanya
menggunakan media visual saja. Motivasi belajar siswa yang rendah dilihat dari adanya siswa yang kurang bersemangat, merasa ngantuk saat diterangkan, kurang aktif dalam pembelajaran dan kurang memperhatikan guru pada saat guru sedang menjelaskan materi. Selain itu masih rendahnya hasil nilai ulangan harian yang diperoleh siswa. Tujuan diadakannya penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kreativitas guru IPS terhadap motivasi belajar, untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kreativitas guru IPS terhadap hasil belajar siswa, dan untuk mengetahui pengaruh kreativitas guru IPS terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII di SMPN 2 Rumbia.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh (50 siswa). Sedangkan penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa
angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang peneliti gunakan adalah analisis varians multivariate (manova) yang berfungsi untuk mengukur tingkat korelasi antara kreativitas guru IPS terhadap motivasi dan hasil belajar siswa.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada pengaruh kreativitas guru IPS terhadap motivasi belajar dengan nilai signifikansi < 0,05. Sehingga keputusannya Ha diterima. Selanjutnya, ada pengaruh kreativitas guru IPS terhadap motivasi belajar siswa nilai signifikansi < 0,05. Sehingga keputusannya Ha diterima. Selanjutnya, ada pengaruh kreativitas guru IPS terhadap motivasi dan hasil belajar
siswa kelas VIII di SMPN 2 Rumbia. Hal ini terbukti dari hasil analisis data menggunakan analisis varians multivariate (manova) diperoleh dari data analisis pada tabel multivariate tests diperoleh nilai signifikansi untuk Pillae Trace, Wilk Lambda, Hotelling Trace, Roy`s Largest Root = 0,000. Jadi nilai signifikansi lebih kecil dari pada taraf signifikansi 0,05 atau 0,000 < 0,05 maka Ha diterima.
Berdasarkan koefisien determinan R squared menunjukkan pengaruh kreativitas guru IPS terhadap motivasi belajar sebesar 0,506 atau 50,6%. Sedangkan koefisien determinan R squared menunjukkan pengaruh kreativitas guru IPS terhadap hasil belajar siswa sebesar 0,425 atau 42,5%. Maka dari penelitian yang telah dilakukan bisa diambil kesimpulan bahwa Kreativitas Guru IPS berpengaruh terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di SMPN 2 Rumbia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 12 Jul 2023 02:14
Last Modified: 12 Jul 2023 02:14
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7903

Actions (login required)

View Item View Item