Dianti, Fera (2023) Hubungan Motivasi dengan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS Kelas IX di MTSN 1 Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI FIX FERA DIAN ok - fera dianti.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Kemampuan belajar sangat menentukan keberhasilan peserta didik di dalam proses belajar terdapat banyal faktor-faktor yang mempengaruhi yaitu motivasi, minat, konsep diri dan sebagainya. Motivasi merupakan dorongan untuk melakukan sesuai yang berasal dari dalam diri dan dari dorongan datangnya dari luar. Seseorang yang mempunyai motivasi belajar akan belajar dengan sungguh-sungguh dan penuh semangat. Keberhasilan pembelajaran peserta didik dapat dilihat dari hasil belajar peserta didik. Nilai hasil belajar dapat dipakai sebagai parameter untuk menilai keberhasilan proses kegiatan pembelajaran disekolah dan juga mengukur kinerja pendidik dalam melaksanakan proses pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan motivasi dengan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas IX Di MTsN 1 Lampung Timur.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa yang berjumlah sebanyak 92 siswa menggunakan teknik non-Random Sampling adalah teknik pengambilan sampel yang menggunakan sampel pilihan berdasarkan subjektivitas penelitian dan tidak acak. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenita dan data diolah dengan teknik analisis uji regresi linear sederhana.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada Hubungan motivasi dengan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas IX MTsN 1 Lampung Timur dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel X (Motivasi belajar) terhadap variabel Y (Hasil belajar) siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan uji regresi linear sederhana dengan hasil nilai signifikasi yang diperoleh sebesar peroleh koefesien determinasi (R Square) sebesar 0,258 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel bebas (trust) terhadap variabel terikat (Adjusted R Square) adalah sebesar 24,9%. Diketahui bahwa nilai F hitung= 0,001 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,980>0,05, dan uji persamaan regresi linear sederhana atau persamaan garis regresi dihitung dengan rumus Y’ = a+bX adalah nilai a = 44.740 yang merupakan angka konstan yang berarti bahwa nilai konsisten variable X (Motivasi belajar) sebesar 44.740 dan b = 0.390 yang merupakan angka koefisien regresi maka hasil tersebut menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya ada pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS kelas IX.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Syarif Mahendra . |
Date Deposited: | 12 Jul 2023 02:15 |
Last Modified: | 12 Jul 2023 02:15 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7905 |
Actions (login required)
View Item |