Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi Pendidikan Karakter pada Mata Pelajaran Qur'an Hadits di MTs Negeri 1 Lampung Timur

Okta, Anggia Riskika (2023) Implementasi Pendidikan Karakter pada Mata Pelajaran Qur'an Hadits di MTs Negeri 1 Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Skripsi Fiks Anggia PDF - Anggia Riskika okta.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai penerapan pendidikan karakter dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas VIII A di MTs Negeri 1 Lampung Timur. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh merosotnya akhlak peserta didik, oleh sebab itu
peserta didik memerlukan substansi mata pelajaran Al-Qur’an Hadits yang bertujuan untuk memberikan motivasi kepada peserta didik agar dapat mempraktikkan nilai-nilai tauhid dan akhlaqul karimah dalam kehidupan sehari-hari, serta kecenderungan proses pembelajaran di kelas yang tidak menunjukkan pendidikan karakter, dikarenakan desain pembelajaran masih berpusat pada pendidik. Kegiatan belajar mengajar tidak konstektual dengan kehidupan anak dan
evaluasi akhir yang jarang dilakukan. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi pendidikan karakter pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VIII A di Mts Negeri 1 Lampung Timur.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VIII A di MTs Negeri 1 Lampung Timur.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu menguraikan, menggambarkan, dan menjelaskan data yang didapat dari hasil penelitian, sehingga dapat diambil
kesimpulan sebagai hasil dari analisis. Adapun sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yang meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian ini didapatkan bahwa implementasi pendidikan karakter pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VIII A di MTs Negeri 1 Lampung Timur dengan melalui adanya perencanaan, pelaksanaan, dan
evaluasi. Hal ini dibuktikan dalam perencanaan pembelajaran pendidik diwajibkan untuk membuat Silabus dan RPP agar mampu mencapai tujuan dalam pembelajaran, sedangkan dalam pelaksanaannya dilaksanakan dengan memberikan pemahaman, pembiasaan, dan keteladanan kepada peserta didik yang didasarkan pada kegiatan eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi yang mengarahkan dan memfasilitasi peserta didik untuk menginternalisasi nilai karakter dalam diri peserta
didik. Adapun dalam evaluasi pembelajaran, aspek yang dinilai yaitu pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Yang mana ketiga aspek tersebut pendidik menggunakan teknik tes lisan dan teknik tes tertulis serta pendidik melakukan pengamatan pada saat proses pembelajaran berlangsung maupun di luar pembelajaran. Diharapkan kontribusi dari MTs Negeri 1 Lampung Timur agar dapat meningkatkan kualitas proses pendidikan karakter dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 27 Jun 2023 09:09
Last Modified: 27 Jun 2023 09:09
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7916

Actions (login required)

View Item View Item