Alifya, Alifya (2023) Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa di SD IT Al Muhsin Metro. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.
PDF
Skripsi Alifya 1901031003 - Alifya.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui tingkat kecerdasan intrapersonal siswa kelas V SD IT Al-Muhsin Metro pada mata pelajaran matematika (2) untuk mengetahui tingkat prestasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran matematika di SD IT Al-Muhsin Metro (3) untuk mengetahui pengaruh antara kecerdasan intrapersonal terhadap prestasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran matematika di SD IT Al-Muhsin Metro.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk expose facto. Adapun sumber data diperoleh dari populasi yang berjumlah 94 siswa, dengan sampel 25 siswa di SD IT Al-Muhsin Metro. Selanjutnya untuk teknik pengumpulan data peneliti menggunakan angket dan data dianalisis dengnan mean dan standar deviasi untuk menjawab rumusan masalah 1 dan 2, kemudian peneliti juga menggunakan regresi linear sederhana untuk menjawab rumusan masalah 3, yaitu adakah pengaruh antara kecerdasan intrapersonal terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD IT Al-Muhsin Metro.
Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan: (1) Kecerdasan Intrapersonal pada siswa kelas V SD IT Al-Muhsin termasuk tinggi karena skor kecerdasan intrapersonal dengan mean 90,48 dengan 25 responden, (2) Nilai prestasi belajar matematika siswa kelas V SD IT Al-Muhsin termasuk dalam kategori tinggi karena nilai prestasi belajar matematika dengan mean 85,28 dengan 25 responden, (3) dari perhitungan analisis regresi linier sederhana dengan menggunakan SPSS.16 tentang pengaruh kecerdasan intrapersonal terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas V SD IT Al-Muhsin diperoleh Fhitung (8,590)> Ftabel (4,12) dengan persamaan regresi Y= 32,161 + 0,558 X, sehingga Ho ditolak. Hal ini berarti kecerdasan intrapersonal mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD IT Al-Muhsin. Besar koefisien determinasi (R2 ) adalah 10,4% artinya kecerdasan intrapersonal berpengaruh sebesar 10,4% terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD IT Al-Muhsin Tahun Ajaran 2022/2023, sedangkan 89,6% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak sedang diteliti. Kata Kunci: Kecerdasan Intrapersonal, Prestasi Belajar, Matematika
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 14 Jul 2023 02:28 |
Last Modified: | 14 Jul 2023 02:28 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7947 |
Actions (login required)
View Item |