Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penggunaan Metode Pembelajaran SQ3R Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDN 2 Tarahan Lampung Selatan

Sari, Ratna Mega (2023) Penggunaan Metode Pembelajaran SQ3R Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDN 2 Tarahan Lampung Selatan. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
SKRIPSI RATNA MEGA SARI - Ratna Mega Sari.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Membaca pemahaman merupakan bagian keterampilan berbahasa yang memiliki peranan penting dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil survey yang dilakukan pada tanggal 29 Mei 2023 di SDN 2 Tarahan terdapat permasalahan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia diperoleh data bahwa kemampuan membaca pemahaman siswa di kelas V masih rendah. Dalam kegiatan pembelajaran Dalam kegiatan pembelajara membaca siswa mengalami kesulitan dalam memahami isi bacaan, menjawab pertanyaan yang berasal dari teks bacaan, kesulitan ketika diminta untuk menceritakan kembali bacaan yang telah mereka baca, dan siswa juga kesulitan dalam menentukankalimat utama dan ide pokok dari suatu paragraf. Selain itu media yang digunakan kurang menarik perhatian siswa.

Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “Apakah melalui penerapan metode SQ3R dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 2 Tarahan Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2022/2023?”.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa dengan menggunakan metode SQ3R pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SDN 2 Tarahan Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2022/2023.

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), peneliti bertindak sebagai guru dan mitra kolaborasi sebagai observer. Pembelajaran dilakukan selama 2 siklus dengan 4 kali pertemuan. Metode pengumpulan data menggunakan tes tertulis, lembar observasi untuk mengamati kemampuan membaca pemahaman siswa dan metode dokumentasi. Hasil penelitian dengan penerapan pembelajaran menggunakan metode SQ3R adalah ketuntasan aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 54,64% dan pada siklus II sebesar 78,23%. Jadi dari siklus I ke siklus II aktivitas belajar siswa meningkat 23,60%. Sedangkan hasil tes kemampuan membaca pemahaman siswa pada siklus I sebesar 52,94 % dan pada siklus II sebesar 76,47%. Jadi dari siklus I ke siklus II meningkat 23,53%. Oleh karena itu dapat diambil kesimpulan penggunaan metode SQ3R dapat meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 2 Tarahan Lampung Selatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 18 Jul 2023 08:27
Last Modified: 18 Jul 2023 08:27
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7953

Actions (login required)

View Item View Item