Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Tata Tertib Sekolah Sebagai Sarana Pembentukan Karakter Siswa Kelas Viii Smp Muhammadiyah 1 Metro

Yasri, Raden Roro Cindy Nabila (2023) Tata Tertib Sekolah Sebagai Sarana Pembentukan Karakter Siswa Kelas Viii Smp Muhammadiyah 1 Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
_SKRIPSI_Raden Roro CINDY Nabila Yasri_ 1901070017 - Raden Roro Cindy Nabila Yasri.pdf - Other

Download (1MB)

Abstract

Di jaman yang semakin berkembang ini dunia pendidikan dihadapi dengan
arus globalisasi dan perkembangan tekhnologi yang signifikan dampaknya dapat dirasakan. Sehingga karakter siswa semakin hari semakin melorot, penyimpangan meningkat. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan sarana pembentukan karakter yang dapat membatasi atau mengarahkan siswa agar tindakanya tidak melanggar norma sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai yaitu dengan tata tertib sekolah. Tata tertib sendiri merupakan sederetan peraturan yang harus ditaati dalam situasi atau dalam suatu kehidupan tertentu.
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan, sosialisasi,
pelaksanaan dan evaluasi tata tertib sekolah sebagai sarana pembentukan karakter siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Metro. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah waka kesiswaan, guru BK, wali kelas VIII A dan siswa SMP Muhammadiyah 1 Metro. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Tata tertib sekolah sebagai sarana pembentukan karakter siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Metro telah menerapkan Perencanan tata tertib sekolah di SMP Muhammadiyah 1 Metro melalui rapat yang dilaksanakan awal tahun ajaran baru dengan melibatkan pihak- pihak yang berkepentingan yang ada di sekolah untuk membahas dan menyusun pembuatan tata tertib yang nantinya akan disosialisasikan pada peserta didik. Melakukan sosialisasi tata tertib kepada siswa pada masa awal semester baru, saat upacara hari senin, menempelkan tata tertib sekolah di setiap kelas dan sudut-sudut ruang sekolah. Dalam kegiatan sosialisasi memberikan informasi mengenai tata tertib sekolah dan bobot pelanggarannya kepada siswa. Pihak sekolah bersama dengan siswa melaksanakan tata tertib sekolah sebagai sarana pembentukan karakter religius siswa SMP Muhammadiyah 1 Metro yang berupa pelaksanaan sholat, hafalan Qur’an, pakaian, adab terhadap guru, adab terhadap teman dengan
cara guru memberi teladan pada siswa, memantau siswa, memberi nasehat dan memberi sanksi sesuai dengan tata tertib ketika terjadi pelanggaran. Kegiatan evaluasi dilaksanakan setiap akhir semester. Wali kelas dan guru BK membuat laporan hasil perkembangan dan kemajuan siswa dari pelaksanaan tata tertib yang ada disekolah untuk dilaporkan kepada waka kesiswaan dan kemudian dilaksanakan evaluasi bersama kepala sekolah. Hasil evaluasi siswa pada pelaksanaan tata tertib sekolah SMP Muhammadiyah 1 Metro dapat membentuk karakter religius siswa.
Kata Kunci: Tata Tertib Sekolah, Karakter Religius

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 26 Jul 2023 01:23
Last Modified: 26 Jul 2023 01:23
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7957

Actions (login required)

View Item View Item