Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Ditinjau Dari Ekonomi Syariah Pada Batagor Ibu Nur Di Pasar Yosomulyo Pelangi Payungi Kota Metro

LESTARI KN, FIRA TRI (2023) Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Ditinjau Dari Ekonomi Syariah Pada Batagor Ibu Nur Di Pasar Yosomulyo Pelangi Payungi Kota Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
1903010031- FIRA TRI LESTARI KN (ESY)-2_copy - fira trilestarikn.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Dalam menjalankan sebuah bisnis tentu hal yang paling dipikirkan adalah
bagaimana cara agar bisa mempertahankan usahanya agara terus berjalan dan mengalami peningkatan. Oleh karena itu untuk meningkatkan penjualan suatu perusahaan dituntut untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat dan dapat diterima oleh konsumen. salah satu strategi yang dapat dilakukan yaitu dengan menggunakan bauran pemasaran. Penelitian ini berfokus pada bagaimana strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan ditijau dari ekonomi syariah pada batagor ibu nur di pasar yosomulyo pelangi payungi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan pada batagor ibu nur.

Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Sifat penelitian ini adalah deskritif
kualitatif dengan teknik pengumpulan data mengunakan metode wawancara dan dokumentasi. Setelah data di peroleh data tersebut dianalisa dengan mengunakan pola berfikir induktif.

Berdasarkan hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam strategi
pemasaran dengan menggunakan bauran pemasaran pada batagor ibu nur dalam meningkatkan penjualan nya dengan menggunakan bauran pemasaran 4P yaitu product, price, place, dan promotions. Pada bagian bauran pemasaran yang lebih menonjol untuk meningkatkan penjualan dari bauran pemasaran adalah bagian produknya, untuk harga nya harganya terjangkau sama dengan yang lain. kemudian untuk place dan promotion nya belum cukup terpenuhi. Kemudian setelah ditinjauan ekonomi syariah dengan menggunakan prinsip ketuhanan (rabbaniyyah) dengan menerapkan kejujuran dalam memproduksi produknya, etis ( akhlakiyyah) dengan menetapkan prilaku baik dan sopan kepada konsumen, realistis (al-waqiyyah) tidak membeda- bedakan sesuatu dengan penampilan, dan humanistis (insyaniyyah) menerapkan bahwa pembeli adalah raja dan selalu tersenyum ramah kepada konsumen sudah cukup terpenuhi.
Kata kunci: Strategi Pemasaran, Ekonomi Syariah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 26 Jul 2023 01:24
Last Modified: 26 Jul 2023 01:24
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7961

Actions (login required)

View Item View Item