Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Etika Marketing Islam Terhadap Kepuasan Nasabah BPRS Tani Tulang Bawang Barat

Saputra, Agustian (2023) Etika Marketing Islam Terhadap Kepuasan Nasabah BPRS Tani Tulang Bawang Barat. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Agustian Saputra - 1903021001 - PBS.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Saat ini perbankan syariah telah memasuki persaingan berskala global, merupakan suatu tantangan yang harus dihadapi dan ditangani oleh bank syariah untuk dapat memberikan kontribusi dalam pembangunan. diharapkan perbankan syariah dapat menjadi alternatif dalam mencapai kesejahteraan dunia dan akhirat dengan merealisasikan nilai-nilai syariah. Dalam menjalankan usaha perbankan perlu adanya marketing dan nasabah dimana seorang marketing harus memiliki prinsip-prinsip yang sesuai dengan syariah islam agar dapat memenuhi kebutuhan material tetapi juga kebutuhan spiritual nasabah. Sehingga pertanyaan penelitian yaitu untuk mengetahui bagaimana etika marketing islam terhadap kepuasan nasabah BPRS Tani Tulang Bawang Barat.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Etika Marketing Islam Terhadap Kepuasan Nasabah BPRS Tani Tulang Bawang Barart. Peneliti ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer dip eroleh secara langsung dari pimpinan BPRS, marketing dan nasabah BPRS Tani Tulang Bawang Barat dengan teknik snowball sampling, sedangkan sumber data sekunder yang penulis gunakan berupa jurnal, buku, artikel yang berkaitan dengan etika marketing islam dan kepuasan nasabah.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat di simpulkan bahwa terdapat dua prinsip etika marketing islam yang belum di terapkan secara baik di BPRS Tani Tulang Bawang Barat yaitu prinsip berkepribadian baik dan simpatik (Shiddiq). Dimana masih terdapat marketing yang bersikap kurang baik dalam penagihan angsuran kepada nasabah berupa nada bicara yang tinggi kepada nasabah dan prinsip melayani dengan rendah hati (Khidmah). Dimana sikap marketing yang meminta penagihan kepada nasabah tidak mau menerima alasan dan keadaan apapun mengenai penunggakan angsuran. Serta kurangnya penerapan prinsip etika marketing islam yang belum efektif sehingga dapat mengakibatkan nasabah merasa tidak puas atas pelayanan marketing BPRS Tani Tulang Bawang Barat.

Kata Kunci: Etika Marketing Islam, Kepuasan Nasabah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 26 Jul 2023 01:24
Last Modified: 26 Jul 2023 01:24
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7962

Actions (login required)

View Item View Item