Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Di SD Negeri 2 Metro Timur

Widiasmara, Sabila (2023) Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Di SD Negeri 2 Metro Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Sabila Widiasmara - 1901031057 - PGMI.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Di dalam dunia pendidikan pembelajaran merupakan hal terpenting. Guru perlu menciptakan suasana kelas yang mampu mendukung tercapainya tujuan pendidikan dengan penerapan model dan metode pembelajaran yang bervariasi. Sehingga, model dan metode pembelajaran yang beraneka jenis ragamnya sangat diperlukan dalam menyampaikan materi pembelajaran dan transfer ilmu pengetahuan kepada peserta didik. Tujuannya yaitu untuk memudahkan peserta didik dalam menerima dan memahami pembelajaran yang diberikan. Salah satu cara memotivasi siswa adalah dengan memberikan hadiah kepada siswa. Hadiah atau imbalan merupakan kompensasi sebagai balas jasa atas perbuatan baik. Dalam pendidikan, hadiah atau imbalan menyangkut aspek psikologis, karena imbalan (hadiah atas perbuatan positif) akan mendapatkan respon dari siswa hingga akan ikut menguatkan dorongan dan motivasi siswa untuk melakukan aktivitas.

Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu pemberian reward sebagai variabel bebas dan adalah hasil belajar siswa kelas V.B pada mata pelajaran ipa materi makanan sehat sebagai variabel terikat yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian reward terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di SD 2 Negeri Metro Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre eksperimen, metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah NonProbability Sampling (Sampling Nonprobabilitas) artinya peneliti terlibat langsung dalam kegiatan penelitian tersebut dan teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, lembar observasi (pengamatan) dan dokumentasi. Kemudian, teknis analisis data menggunakan uji Wilcoxon untuk pengujian hipotesis pada penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima yaitu “Pembelajaran IPA dengan menggunakan metode pemberian reward dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri 2 Metro Timur.”

Kata Kunci: Pembelajaran, Reward, Hasil Penelitian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 26 Jul 2023 01:24
Last Modified: 26 Jul 2023 01:24
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7963

Actions (login required)

View Item View Item