Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Pemasaran Bouqet Ells Flower (Studi Pada Toko Bouqet Ells Flower Iringmulyo)

Alifah, Miftakhul (2023) Strategi Pemasaran Bouqet Ells Flower (Studi Pada Toko Bouqet Ells Flower Iringmulyo). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Miftakhul Alifah - 1903010045 - ESY.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Ells Flower merupakan salah satu industri rumahan atau home industry yang menyajikan berbagai bentuk bouqet, seperti: bouqet bunga, bouqet uang, bouqet coklat, bouqet snack, bahkan hantaran lamaran pun ada sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Ells Flower berada di 15A Iringmulyo, Metro Timur. Banyaknya industry bouqet yang ada didaerah Kota Metro dan sekitarnya serta dunia maya (onlineshop) saat ini, Ells Flower dituntut untuk bisa mempertahankan eksistensinya dari para pesaing. Dalam hal ini tentu strategi pemasaran sangat dibutuhkan, seperti: kebijakan penentuan harga, kebijakan pemilihan produk, kebijakan penentuan promosi yang paling efektif dan efisien, kebijakan pemilihan saluran distribusi yang paling tepat. Karena hal ini sangat mempengaruhi perilaku konsumen untuk membeli produk perusahaan yang akhirnya akan meningkatkan jumlah penjualan pada Ells Flower.

Penelitian ini bertujuan mengetahui strategi pemasaran Bouqet Ells Flower dalam menarik minat beli masyarakat/ konsumen. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan sifat penelitiannya bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data hasil temuan digambarkan secara deskriptif dan dianalisis menggunakan cara berpikir induktif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Toko Bouqet Ells Flower sudah menjalankan ke tujuh tahapan-tahapan strategi pemasaran dengan baik serta mengalami peningkatan minat konsumen serta peningkatan di bidang digital marketing yang membuat masyarakat semakin maju. Berdasarkan hasil analisis internal Toko Bouqet Ells Flower terdapat lima kelebihan yaitu Produk berkualitas dan bervariatif, harga terjangkau, lokasi strategis, tersedianya layanan delivery order (pesan antar), konsep toko yang nyaman dan modern. Dan kelemahan adalah bahan baku yang mudah rusak dan tidak tahan lama, promosi belum maksimal, kurangnya tenaga kerja khusus bagian pemasaran, serta belum mempunyai lokasi sendiri (masih menyewa).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 26 Jul 2023 01:21
Last Modified: 26 Jul 2023 01:21
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7970

Actions (login required)

View Item View Item