Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Keefisienan Penggunaan Media Sosial Terhadap Peningkatan Pendapatan Reseller Di Desa Nampirejo

Wanti, Meizta (2023) Keefisienan Penggunaan Media Sosial Terhadap Peningkatan Pendapatan Reseller Di Desa Nampirejo. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI MEIZTA WANTI - 1804040064 - ESy.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Reseller adalah menjual kembali sebuah barang dari supplier tanpa adanya stok barang dengan komisi yang telah ditentukan sendiri/dari supplier, akan tetapi sebagai syarat Reseller diharuskan untuk membeli produk supplier terlebih dahulu. Penerapan sistem reseller dalam jual beli di anggap cukup efisien bagi seseorang yang ingin memulai bisnis sebagai reseller. Efisiensi merupakan kemampuan menjalankan tugas dengan baik dan tepat (dengan tidak membuang buang waktu, tenaga, dan biaya). Seseorang yang menjadi reseller bisa menjalankan tugasnya dimana saja dan kapan saja, tanpa menyetok barang sehingga tidak memerlukan gudang penyimpanan, reseller di Desa Nampirejo juga merasa dimudahkan dengan adanya sistem reseller ini karena barang dagangan tidak hanya dipajang dalam toko namun kini bisa dilihat banyak orang melalui media sosial dalam bentuk gambar.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kefisienan penggunaan media sosial terhadap peningkatan pendapatan reseller di Desa Nampirejo dilihat dari indikator efisiensi media sosial dalam meningkatkan pendapatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan sifat penelitiannya bersifat deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Data hasil temuan digambarkan secara deskriptif kualitatif melalui proses pengumpulan data, pengkategorian data reduksi data, dan penyajian data.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media sosial memberikan kemudahan dan efisien bagi reseller di Desa Nampirejo dalam berbisnis. Penggunaan media sosial menciptakan hubungan lebih intens kepada pembeli, jangkauan luas dan global, terkendali dan terukur serta lebih cepat, ringkas, padat dan sederhana. Keefisienan penggunaan media sosial bagi reseller di Desa Nampirejo berupa menetapkan target penjualan agar tujuan dari kegiatan pemasaran produk bisa dicapai, pemilihan supplier untuk mendapatkan produk yang berkualitas, penetapan sistem pembayaran melalui media elektronik, menjaga kualitas produk yang di jual, tekun dalam memperbarui informasi dan produk secara berkala, dan masing-masing reseller tetap menyesuaikan diri dengan kemampuan yang dimilki. Indikator efisiensi yang telah diterapkan oleh reseller di Desa Nampirejo menjadikan pendapatan reseller di Desa Nampirejo mengalami peningkatan.

Kata Kunci: Media Sosial, Peningkatan Pendapatan, Reseller

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 26 Jul 2023 01:21
Last Modified: 26 Jul 2023 01:21
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7971

Actions (login required)

View Item View Item