Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Meningkatkan Hasil Belajar Fiqih Melalui Penggunaan Model Kooperatif Learning Tipe Jigsaw Bagi Siswa Mts Negeri 2 Lampung Timur

FEBRIANSYAH, ADITIA (2023) Meningkatkan Hasil Belajar Fiqih Melalui Penggunaan Model Kooperatif Learning Tipe Jigsaw Bagi Siswa Mts Negeri 2 Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
ADITIA FEBRIANSYAH_1901012001.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Mata pelajaran fiqih di MTs merupakan salah satu mata pelajaran PAI yang mempelajari tentang fiqih, terutama menyangkut pengenalan dan pemahaman tentang cara-cara pelaksanaan rukun Islam dan pembiasaannya dalam kehidupan sehari-hari, serta fiqih muamalah yang menyangkut pengenalan dan pemahaman sederhana mengenai ketentuan tentang makanan dan minuman yang halal dan haram, khitan, kurban, serta tata cara pelaksanaan jual beli dan pinjam meminjam.

Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dikemukakan di atas,maka
dapat dirumuskan masalah sebagai berikut: Apakah penggunaan model kooperatif learning tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VII Mts Negeri 2 Lampung Timur tahun pelajaran 2022/2023.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang memiliki karakteristik yang berbeda dengan jenis penelitian deskriptif ataupun eksperimen. Pada penelitian deskriptif memaparkan tentang objek yang diteliti, sedangkan penelitian eksperimen memaparkan tentang sebab-akibat setelah dilakukan perlakuan. Dalam penelitian ini terdapat beberapa langkah yang dilakukan dalam 2 siklus, dengan beberapa bagian, yaitu perencanaan pembelajaran, pengamatan, dan observasi. Menurut Kunandar ,Penelitian tindakan kelas bertujuan untuk memecahakan masalah nyata yang di alami di kelas, pengingkatan kualitas praktik pembelajaran di kelas, peningkatan relevansi pendidikan, alat training in- service, peningkatan mutu hasil belajar, dan peningkatan efisiensi pengelolaan pendidikan.

Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di Mts Negeri 2 Lampung Timur maka dapat diperoleh pada siklus I kegiatan pembelajaran masih dinilai baik dan pada siklus II sudah ada beberapa aspek yang dinilai amat baik yaitu pembuatan kelompok dan pengarahan pelaksanaan diskusi. Antusias dan partisipasi meningkat, dari siklus I sebesar 50% meningkat menjadi 80% pada siklus II.
Kata kunci : Pembelajran Fiqih, Model Kooperatif Learning, Tipe Jigsaw

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 26 Jul 2023 01:23
Last Modified: 26 Jul 2023 01:23
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7975

Actions (login required)

View Item View Item