Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Isim Fa'il dalam Surat Yusuf "Kajian Nahwu dan Sharf"

Toribin, Ahmad Fadlun (2023) Analisis Isim Fa'il dalam Surat Yusuf "Kajian Nahwu dan Sharf". Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
_'sekripsidelun - Fadlun Ahmad.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Al-Qur’an merupakan sastra agung yang mengandung banyak ilmu di dalamnya. Selain itu, Al-Quran juga menjadi kronologi munculnya ilmu alat yaitu ilmu nahwu dan sharf. penelitian ini membahas salah satu komponen ilmu bahasa Arab yaitu isim fa’il. sebab dilakukan penelitian ini karena Surat yusuf tersebut memiliki banyak unsur isim fa’il dan bentuk yang beraneka ragam wazan yang sesuai pembahasannya dengan kajian ilmu nahwu dan sharf. Urgensi dari penelitian ini adalah sebagai sarana untuk menambah pengetahuan bagi peneliti khususnya dan bagi para pembaca pada umumnya tentang isim fa'il. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui variasi tarkib dan wazan isim faʼil yang terdapat pada surat yusuf. Jenis penelitian ini merupakan kajian kepustakaan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Objek penelitian ini menggunakan kitab alquran menganalisis isim fail di dalam surat yusuf menggunakan pendekatan nahwu dan shorof.

Peneliti mengidentifikasi isim fa'il pada surat Yusuft dan menganalisisnya dengan teknik analisis lafadz dan i’robnya. Adapun hasil yang peneliti analisis adalah 107 isim fa'il yang meliputi 67 i'rab rafa', 12 i'rab nashab, 28 i'rab khafd, Enam wazan yakni faa'ilun, fa'iilun, fa'alun fu'lun, muf'ilun, mufa'iilun, mutafaa'ilun, mufta'ilun dan mustaf'ilun. Selain itu peneliti juga menemukan enam bina' yang meliputi bina' shahih, mudla'af, mahmuz, mitsal, ajwaf, dan naqis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bahasa dan Sastra Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Dakwah > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 07 Nov 2023 03:07
Last Modified: 07 Nov 2023 03:07
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7978

Actions (login required)

View Item View Item