WULANDARI, ALVINA (2023) Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Membina Akhlak Siswa Kelas Vii MTS Ikhlas Beramal Metro Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
ALVINA WULANDARI-1801012003.pdf - Other Download (6MB) |
Abstract
Peran guru merupakan sebuah komponen yang memiliki kewajiban mengajar dan juga memiliki kewajiban untuk menjalankan perannya sebagai pendidik yang mengutamakan pembentukan dan pembinaan bidang efektif atau sikap dan prilaku peserta didik, bagi guru akidah akhlak merupakan ujung tombak dalam upaya membina akhlak siswa di sekolah hal ini merupakan masa fundamental yang harus diberi landasan nilai akhlaq dalam kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan yang dicapai.
Kesenjangan atau permasalahan dalam penelitian ini dapat dilihat dari kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran Akidah Akhlak, peneliti menemukan kurangnya perhatian siswa yang mengalami kesulitan dalam menghadapi sifat atau prilaku atau kepribadian akhlaknya di sekolah, peran guru dalam membina akhlak siswa serta perlu diketahui metode apa saja yang dilakukan guru dalam membina akhlak siswa dan faktor pendukung maupun penghambatnya terkhusus di MTs Ikhlas Beramal. yang menyebabkan membina akhlak siswa kurang baik.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran guru akidah akhlak dalam membina akhlak siswa dengan baik, untuk mengetahui metode apa saja yang dilakukan guru dalam membina akhlak siswa untuk memberikan contoh yang baik dan apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam memberikan bimbingan kepada siswa agar mencerminkan akhlak yang baik kepada siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Teknik Keabsahan data menggunakan Triangulasi sumber dan Triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran guru dalam membina akhlak siswa yaitu guru melakukan proses pembelajaran dengan siswa yaitu berdasarkan dengan kemampuan dalam memberikan contoh yang baik di dalam kehidupan sehari-hari. Faktor pendukungnya yaitu guru, peran dan perhatian kepala sekolah serta minat dan motivasi siswa. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu keterbatasan waktu dan keterbatasan sarana dan prasarana. Membina akhlak siswa akan lebih baik setelah diberikan bimbingan dan diterapkan peran dari guru akidah akhlak
Kata Kunci: Peran Guru Akidah Akhlak dan Membina Akhlak Siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Fandy Hidayat . |
Date Deposited: | 24 Oct 2023 08:32 |
Last Modified: | 24 Oct 2023 08:32 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7984 |
Actions (login required)
View Item |